Perusahaan membuat penghematan biaya untuk konsumen sehingga harga termurah Rp5,9 jutaan sudah termasuk kasur, difan dan sandaran
Jakarta (ANTARA) - Matras buatan Indonesia mampu menembus pasar internasional sehingga membuktikan bahwa produk buatan dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk negara lain untuk memenuhi kebutuhan tidur di hotel mancanegara.

"Di antara sejumlah merek matras yang sudah mapan, terselip merek matras buatan dalam negeri, Zees. Merek ini sudah mendapat tempat di jaringan hotel nasional dan internasional. Tahun lalu saja, ekspornya untuk memenuhi kenikmatan tidur tamu hotel mancanegara mencapai satu juta dolar AS," kata Managing Director PT Zeesindo International Sutarjo Osman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Pada 2019, katanya, perusahaan ekspor matras dan produk-produk lain yang berkaitan dengan tempat tidur, seperti bantal, seprai, duvet, cover, dan mattres protector ke Malaysia, Uni Emirat Arab, Singapura, Maladewa, dan Sri Lanka.

Baca juga: Hadiri SOMTIF ke-7, RI perjuangkan akses pasar ke Selandia Baru

Diakuinya, nilai ekspor ini belum besar tapi pihaknya bisa bersaing dengan merek-merek internasional yang sudah mapan dan dalam lima tahun ini sudah memasok matras dan pernak-perniknya ke 350 hotel di Indonesia dan luar Negeri.

Perusahaan, kata Sutarjo, didirikan oleh tim yang sudah bergelut di dunia tempat tidur selama 15-20 tahun. Meski begitu, Zees juga bisa dinikmati dengan lebih mudah lantaran harganya yang sangat terjangkau dibandingkan merek-merek lain yang harganya lebih mahal.

Diakuinya, sebenarnya banyak sekali merek di pasaran yang sangat tinggi mematok harga, namun pihaknya dengan bahan baku yang sama mampu menjual produk tidak terlalu mahal tapi dengan kualitas sejajar.

"Perusahaan membuat penghematan biaya untuk konsumen sehingga harga termurah Rp5,9 jutaan sudah termasuk kasur, difan dan sandaran.Teknologi kasur itu juga kan tak terlalu rumit, jadi tak perlu patok harga terlalu tinggi," lanjut Sutarjo yang mengatakan kalau pabrik Zees ini ada di kawasan Tangerang, Banten.

Baca juga: Industri elektronik didorong agresif dobrak pintu ekspor

Perusahaan ini memfokuskan diri pada matras dan kebutuhan tempat tidurnya untuk hotel. Meski begitu, konsumen dapat membeli produk-produk Zees secara online, dan di beberapa outlet.

Selama ini, tambahnya, fokus perusahaan masih pada menjual produk dari satu perusahaan ke perusahaan lain (B to B). Namun, produknya juga bisa dibeli oleh konsumen individual secara online melalui website. "Ke depan kami merencanakan memperkuat penjualan eceran kami," katanya Sutarjo.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020