Palu (ANTARA) - Evakuasi yang dilakukan oleh tim penyelamat Buaya dari Balai Konservasi Sumberdaya alam (BKSDA) Sulteng dan NTT, Polairud serta ahli buaya asal Australia, Matt Wright pada Minggu belum berhasil.

Kali ini, evakuasi dilakukan pada Minggu dinihari pukul 02:00 WITA.

''Evakuasi kita lakukan dinihari ini untuk menghindari masyarakat yang datang menyaksikan," ujar Haruna, Kepala Satgas Penyelamatan buaya berkalung ban

Dari pantauan Antara di lokasi evakuasi Muara Teluk Palu, tim nyaris berhasil menangkap hewan reptil tersebut dengan metode Harpun.

Dua anggota penyelamat buaya, yakni Oktovianus Sene dan ahli buaya asal Australia Matt Wright sempat mengenai buaya tersebut dengan Harpun, namun si buaya berhasil lepas.

Baca juga: Dibantu ahli reptil Australia, buaya berkalung ban terus diburu

Kemudian, tim kembali mengejar target yang masih membawa pelampung dari tombakan Harpun. Kejar-kejaran antara tim penyelamat dan buaya berkalung banpun terjadi, selama kurang lebih satu jam.

Namun, tim penyelamat kehilangan jejak, saat pelampung tersebut terlepas dari badan target.evakuasi terhadap hewan reptil berkalung ban inipun kembali gagal.

''Kami tidak menyangka banyak pukat pukat nelayan yang tidak dipakai'," terang Haruna.

Baca juga: Tim gunakan pesawat tanpa awak untuk selamatkan buaya berkalung ban

Sementara itu, Matt Wright ahli buaya asal Australia mengungkapkan evakuasi kali ini memang kembali gagal tapi tim dan dirinya tidak akan menyerah untuk menangkap hewan reptil tersebut.

''Tidak ada kata capek tim dan saya.kita akan kejar lagi," ungkapnya

Dari pantauan, evakuasi kali ini berakhir pada pukul 04:30 WITA.setelah tim Satgas Penyelamatan buaya ini kembali memasang umpan di lokasi yang kerap munculnya buaya berkalung ban.

Pewarta: Rangga Musabar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020