Ambon (ANTARA) - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku melakukan uji sampel beras yang diduga mengandung plastik di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala BPOM Maluku Hariani, Senin menyatakan, pihaknya akan melakukan uji sampel beras yang diduga mengandung plastik di Laboratorium BPOM.

"Beras yang dibawa petugas Disperindag Maluku Tengah, akan kita uji mutu sesuai SNI di laboratorium, " katanya.

Dia mengatakan, dugaan informasi beras plastik yang beredar di Masohi telah ditindaklanjuti Tim Satgas Pangan Malaluku Tengah dengan turun ke Pasar Binaya untuk mengambil sampel beras.

Baca juga: Baristand Ambon uji sampel beras mengandung plastik

Seperti diketahui kasus beras plastik sebelumnya juga beredar di Kota Ambon akhir Januari, tindaklanjutnya petugas telah membuktikan dan klarifikasi ke pembuat video dan penjual beras.

"Selain itu kita sudah uji laboratorium dan uji organoleptik. Secara fisik tidak ditemukan plastik di beras, termasuk sampel yg dibawa dari Masohi, tapi kita tetap melakukan uji laboratorium dan hasilnya akan disampaikan ke Pemda Maluku Tengah untuk diklarifikasi, ujarnya.

Hariani mengakui, pihaknya akan melakukan uji laboratorium, tetapi klasifikasi dan kategori beras menjadi kewenangan Bulog.

"Ini tugas kita bersama untuk mencerdaskan masyarakat bahwa jangan gampang terpengaruh isu yang belum tentu benar, " ujarnya.

Baca juga: Satgas Pangan Maluku investigasi informasi beras plastik di Ambon

Konsumen katanya, tidak perlu khawatir, pengawasan produk yang beredar di pasaran tetap dipantau oleh pemerintah, termasuk juga di kabupaten dan kota di Maluku.

Untuk meyakinkan dapat dilakukan pembuktian sendiri dengan cara mencuci beras tersebut, dan didiamkan. Jika ada plastik mengapung karena berat jenisnya lebih ringan (kurang dari satu).

Sementara untuk beras yang pulen dan dapat dikepal tergantung kandungan amilosa dan amilopektinnya.

"Pengawasan akan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota, bukan hanya di Kota Ambon kita berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh informasi yang belum tentu benar, " tandas Hariani.

Baca juga: Tak ada beras mengandung plastik di Baturaja-Sumsel, sebut Disperindag

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020