Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) sepakat menjalin kerja sama dalam menghadapi kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2020.

"UM Surabaya akan menjadi salah satu sponsor Persebaya. Nanti logo universitas akan dipasang di jersey utama Persebaya," ujar Presiden Persebaya Azrul Ananda di sela penandatanganan kerja sama di Kampus UM Surabaya, Senin.

Kerja sama ditandatangani Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya Dr Sukadiono dan Presiden Persebaya Azrul Ananda.

Azrul tidak merinci berapa besar nilai kontrak sponsor, namun dia menegaskan bahwa kerja sama tidak hanya dari sisi komersial.

"Banyak yang bisa dilakukan, yang pasti tidak murni komersial. Kerja sama nanti bisa dari sisi kesehatan, sport science, pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kami belum bisa jelaskan detailnya, tapi sudah membahas kerangkanya," ucapnya.

Ia juga mengaku cukup terkejut dengan inisiatif UM Surabaya untuk menjadi salah satu sponsor Persebaya dalam mengarungi Liga 1.

Namun, putra mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut memandang inisiatif UM Surabaya sebagai pola pikir modern.

Sementara itu, Rektor UM Surabaya Dr Sukadiono mengatakan bahwa kerja sama dan kolaborasi dengan Persebaya merupakan model pemasaran baru bagi UM Surabaya, khususnya sebagai sponsor klub sepak bola.

Bahkan, pihaknya ingin menjadi perguruan tinggi pertama di Surabaya dan Jawa Timur yang mempunyai kontribusi eksistensi dari sebuah klub sepak bola.

"Dengan suporter yang luar biasa, apalagi klub ini juga merupakan kebanggaan warga Surabaya, maka kami punya kepedulian terhadap Persebaya dengan melakukan kerja sama ini," katanya.

Tidak hanya itu, UM Surabaya juga akan menjadi rumah kedua bagi Bonek dan pendukung setia Persebaya.

Nantinya, lanjut dia, kerja sama juga akan menyasar beberapa hal, seperti berbagi ilmu dalam menjaga penampilan para pemain Persebaya.

"Selain itu juga sharing ilmu di jurusan manajemen dan akuntansi yang dimiliki UM Surabaya ke manajemen Persebaya," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020