Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta agar tim nasional (timnas) bola basket yang tangguh segera dibentuk dalam menghadapi Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

“Saya juga minta dipersiapkan timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas terkait Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Baca juga: Indonesia, Filipina, dan Jepang terima bendera tuan rumah Piala Dunia

Selain itu, presiden juga meminta agar Organizing Committee (OC) Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 segera dibentuk setelah Indonesia resmi ditetapkan sebagai tuan rumah ajang tersebut.

“Segera disiapkan dan bentuk OC-nya yang menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif,” katanya.

Presiden Jokowi ingin agar segala sesuatu mulai dari perencanaan penganggaran, kegiatan pra-even, termasuk keamanan dan pengamanan kesehatan, dan lain-lainnya telah siap dalam menyambut acara tersebut.

Baca juga: Ricky Rubio jadi MVP Piala Dunia FIBA sekaligus pimpin All-Star

Termasuk juga di dalamnya dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia hingga mengenalkan pariwisata.

“Saya juga minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat bertanding disiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIBA,” kata Presiden.

Persiapan yang diharapkan juga meliputi tempat duduk ruang ganti, lapangan pertandingan yang dilengkapi kayu, area untuk hospitality, jaringan internet, dan layanan yang lainnya.

Baca juga: Ke Serbia tanpa pemain asing, ini jadwal timnas basket putra

Pada kesempatan itu, hadir para pejabat dan menteri terkait untuk membicarakan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA yang akan digelar pada 2023.

Dalam ajang tersebut, tiga negara, yakni Indonesia, Filipina, dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023.

“Ini merupakan kepercayaan dunia Internasional kepada negara kita yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya,” katanya.

Presiden menekankan masih ada beberapa hal yang menjadi perhatian bersama meskipun waktu persiapan masih 3 tahun ke depan.

Baca juga: Spanyol juara Piala Dunia FIBA

“Ini penting untuk kita mulai siapkan, baik aturan hukum, regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan piala dunia untuk bola basket 2023, termasuk pengalokasian anggaran dan penyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi pada FIBA,” kata Presiden.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020