Mimika (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima hibah lahan dari masyarakat adat Suku Kamoro di Kabupaten Mimika, Papua, untuk pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan Ill).

Surat tanah Ulayat itu diserahkan oleh tokoh masyarakat adat Suku Kamoro, Kabupaten Mimika Philipus Monaweyauw kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di kawasan Kampung Limau Asri SP5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Rabu.

Rencananya lahan seluas 78 hektare ini akan dibangun perkantoran, kolam renang, perumahan prajurit, dan fasilitas penunjang Kogabwilhan III.

Panglima TNI mengatakan bahwa penyerahan tanah ini merupakan bukti kecintaan rakyat kepada TNI.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Philipus Monaweyauw sebagai warga negara sekaligus sebagai salah seorang pemegang hak tanah ulayat, beliau telah memfasilitasi penyediaan lahan yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara, dalam hal ini TNI," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri gelar rapat tertutup di Mimika

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri langsung gelar rapat tertutup di Timika

Baca juga: Panglima TNI imbau masyarakat kembalikan senjata korban Heli Mi-17


Sebagai bagian dari pengembangan organisasi, lanjut dia, Kogabwilhan III baru saja dibentuk dan belum memiliki markas komando.

Wilayah yang menjadi tanggung jawab Kogabwilhan III, termasuk Provinsi Papua.

"Mudah-mudahan setelah selesai penyerahan dan sertifikat segera dilaksanakan peletakan batu pertama dan pembangunan Markas Kogabwilhan III. Kami sangat beeterima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika atas terselenggaranya atau dibangunnya Markas Kogabwilhan III di Kabupaten Mimika," tuturnya.

Sebelumnya, tambah dia, masyarakat Riau juga telah memberikan tanah guna pembangunan Kogabwilhan I.

Keikutsertaan masyarakat dalam penyediaan lahan bagi TNI menunjukkan kecintaan dan rasa memiliki rakyat kepada TNI, serta terjalinnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Semoga amanah kebanggaan dan kepercayaan rakyat kepada TNI tersebut dapat kami junjung tinggi sebagai TNI yang profesional," tuturnya.

Hadir dalam penyerahan lahan itu, yakni Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, Panglima Kogabwilhan III Letjen Ganip Warsito, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020