Haedar-Said Aqil satu forum dalam KUII

Haedar-Said Aqil satu forum dalam KUII

Konferensi Pers Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Jumat (21/2/2020). ANTARA/Anom Prihantoro

Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Najamuddin Ramli mengatakan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir akan hadir dalam satu forum, Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII.

"Pak Haedar dan Said Aqil akan hadir dalam satu sesi," katanya dalam konferensi pers di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan KUII yang diselenggarakan di Bangka Belitung pada 26-29 Februari 2020 merupakan forum yang menyatukan banyak unsur lintas ormas Islam dalam satu kongres.

Sejumlah agenda, kata dia, akan dibahas, seperti tukar pikiran dengan ormas-ormas Islam, pembahasan tema membangun NKRI, Pancasila, perjuangan umat Islam dalam politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, hukum, Islam moderat dan hal terkait lainnya.

Beberapa tokoh penting lain juga akan menghadiri perhelatan KUII VII, seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Terkait dengan pidato Ma'ruf Amin di KUII VII nanti, Najamuddin mengklarifikasi konteksnya adalah sebagai Wapres RI bukan sebagai orang tertinggi MUI karena orang nomor dua di Indonesia itu posisinya sebagai ketua umum MUI nonaktif.

"Seluruh perwakilan negara sahabat juga diundang dalam KUII. Kita terbuka saja. Tidak ada materi yang tertutup, eksklusif. Semua bisa disimak 'live streaming'," kata dia.

Baca juga: Wapres akan hadiri KUII VII di Bangka Belitung
Baca juga: Kongres Umat Islam Indonesia ditujukan untuk teguhkan kiblat bangsa
Baca juga: KUII akan dibuka Presiden Jokowi
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020