Melihat lutung Jawa di kawasan konservasi Muaragembong

  • Selasa, 25 Februari 2020 07:13 WIB

Foto udara sejumlah tambak yang ada di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Wilayah Muaragembong seluas 11 ribu hektare, sebelumnya telah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung, namun berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 475 Tahun 2005, separuh kawasan yang berada di paling ujung Kabupaten Bekasi tersebut dibuka untuk hutan produksi. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Pengunjung menaiki perahu untuk menuju lokasi konservasi lutung jawa dan wisata mangrove di Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Semakin menyusutnya wilayah kawasan konservasi Muaragembong menjadi ancaman terbesar karena banyaknya pembukaan lahan untuk dijadikan tambak hingga mendekati pinggir pantai. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Jembatan kayu yang menjadi akses untuk pengunjung menuju lokasi konservasi lutung jawa di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Sejumlah lutung jawa berkeliaran di sekitar area tambak di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Seekor lutung jawa memakan pucuk daun pada waktu siang hari di lokasi konservasi di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lutung Jawa biasanya hidup secara berkelompok tujuh hingga 20 ekor.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyahd/pras.

Sejumlah lutung jawa yang hidup berkelompok berkeliaran di area konservasi di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Selain perburuan ilegal, faktor penyusutan kawasan hutan mangrove yang berdampak pada berkurangnya sumber makanan lutung menyebabkan hewan dilindungi tersebut banyak yang ditemukan mati karena berkelahi berebut makanan. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Seekor lutung jawa menggendong anaknya yang bulunya masih berwarna kuning keemasan di lokasi konservasi di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Seekor lutung jawa loncat dari satu pohon ke pohon lainnya saat mencari makan di lokasi konservasi di kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pras.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait