Jakarta (ANTARA) - Sama seperti kerudung yang bervariasi bahannya, dalam kerudung atau yang sering disebut ciput juga punya pilihan beragam. Ciput adalah aksesoris penting untuk pemakai kerudung bila ingin tampil rapi. Tanpa ciput, kerudung bisa mencong sana-sini karena bersentuhan dengan permukaan rambut yang licin.

Bagaimana cara memilih bahan ciput yang sesuai? Vice President Brand Elzatta & Dauky, Tika Latifani Mulya, mengatakan sesuaikan bahan ciput dengan bahan kerudung.

Bahan kerudung licin bakal cocok dengan ciput tertentu, begitu pula kain kerudung katun yang lebih mudah kusut tapi tak licin.

"Ciput ada macam-macam, bahan rajut, rayon dan rajut. Kalau pakai kerudung bahan katun atau voal, sebenarnya enggak pakai ciput aman," ujar Tika di Jakarta, Kamis (26/2).

Kerudung katun atau voal relatif bisa "aman" di kepala meski pemakai tidak menggunakan ciput. Hanya saja ada risiko rambut terlihat dan mencuat, terutama untuk pemilik rambut panjang.

Tika pribadi lebih menyarankan untuk memakai ciput meski kerudung yang dipakai berbahan katun.

"Supaya rambut enggak keluar."

Kerudung berbahan sutra yang licin akan sulit dipakai tanpa menggunakan dalaman terlebih dahulu. Maka, ciput jadi barang wajib ketika akan memakai kerudung bahan sutra. Untuk tipe kain kerudung licin, Tika menyarankan ciput bahan rayon atau rajut yang bisa "menahan" kerudung di kepala.

"Yang nyaman banget itu rajut karena bahannya elastis, dia juga punya rongga-rongga, jadi rasanya adem."



Baca juga: Mengenal ragam ciput, dari topi Masha sampai rajut anti pusing

Baca juga: Panduan memakai kerudung yang sesuai bentuk wajah

Baca juga: Suqma luncurkan vending machine khusus hijab

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020