Amartha Hangtuah atasi Satya Wacana di IBL seri Kediri

Amartha Hangtuah atasi Satya Wacana di IBL seri Kediri

Suasana di GOR Jayabaya Kediri, Jawa Timur, saat laga di hari pertama Indonesian Basketball League (IBL) Series Kediri, Jumat (28/2020). IBL 2020 di Kediri, digelar mulai 28 Februari sampai 1 Maret 2020. ANTARA Jatim/ Ach

Kediri (ANTARA) - Amartha Hangtuah (AHT), Palembang sukses mengatasi perlawanan Satya Wacana Salatiga (SWS) dalam laga pembukaan Indonesian Basketball League (IBL) 2020 Seri Kediri di Gedung Olahraga (GOR) Jayabaya Kota Kediri, Jumat dengan skor 83-78.

Bagi Hangtuah kemenangan yang diraih di Kediri ini adalah yang kedua setelah sebelumnya meraih kemenangan pada IBL seri Semarang.

Satya Wacana sempat unggul lebih dulu pada kuarter pertama dengan skor 17-16. Memasuki kuarter kedua Tim Amartha Hangtuah yang diasuh Harry Prayogo meningkatkan intensitas serangan. Penampilan apik dari Kashaka Cotton dan Emilio Park sukses mengunci keunggulan Amartha Hangtuah dengan skor 42-34.

Baca juga: Pemkot Kediri gratiskan tiket bagi atlet junior saksikan IBL

Di kuarter ketiga, permainan sengit ditunjukkan kedua tim. Skor sempat berjarak tipis, hingga akhirnya Amartha Hangtuah kembali menjauh menjelang berakhirnya kuarter ini. Tambahan 21 angka memastikan keunggulan Amartha Hangtuah 63-54.

Tak ingin kehilangan poin, Satya Wacana Salatiga juga berjuang keras di kuarter akhir. Melalui duet Montrell William dan Sterling, anak asuh Efri Meldi terus menempel ketat perolehan skor Kelly Purwanto dan kawan-kawan.

Tembakan 3 poin dari Edward Hurt sempat membangkitkan semangat Satya Wacana, namun setelah time out, Hangtuah kembali menjauh. Tambahan 20 poin membuat Amartha Hangtuah unggul 83-78 . Kemenangan tersebut mengakhiri catatan buruk Amartha Hangtuah, setelah di delapan pertandingan sebelumnya secara beruntun mereka mengalami kekalahan. Jika mengambil poin penuh di seri ke-5, bukan tidak mungkin Amartha Hangtuah melaju ke play off.

Sementara itu di laga kedua pertandingan antara Louvre Surabaya melawan NSH Jakarta dimenangkan oleh NSH dengan kedudukan 74-69.

Baca juga: Wiggins gemilang lagi, NSH hentikan perlawanan Louvre

Pelatih Kepala Amartha Hangtuah, Harry Prayogo mengatakan kemenangan ini merupakan penantian setelah timnya mengalami delapan kekalahan pada seri sebelumnya. Dengan kemenangan ini diharapkan memberi suntikan semangat pada pertandingan seri Kediri.

"Ketika berbicara peringkat ke-10 memang kemungkinan kecil untuk masuk play off. Mudah-mudahan kemenangan ini menjadi mood booster agar lebih berjuang pada tim," kata dia.

Ia menyebut, kemenangan kali ini berkat organisasi tim yang cukup baik pada sisi pertahanan. Beberapa peluang lawan yang dapat digagalkan membuat tim ini berhasil mempertahankan kedudukan dan menang dengan selisih lima angka.

"Kami bermain dengan pertahanan yang cukup baik meski ada beberapa yang memang masih lepas, tapi secara keseluruhan pertahanan kami membaik dibanding pertandingan seri awal," kata Harry. 

Baca juga: Rastafari Horongbala datang, Hangtuah menang
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020