Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo mengatakan kader-kadernya yang lulusan kedokteran akan segera menyusun protokol untuk menghadapi wabah virus corona.

Ganjar Pranowo bersama jajaran pengurus pusat dan pengurus daerah Kagama setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, mengatakan alumni UGM siap berkontribusi untuk bangsa ini dalam berbagai hal termasuk dalam penanganan virus corona.

“Kita menyampaikan kepada Presiden, ada Kagama kedokteran yang kita minta untuk membuat protokol-protokol bagaimana kita menanggulangi corona ini,” kata Ganjar.

Pihaknya ingin agar masyarakat tidak panik dengan virus corona sehingga perlu edukasi yang mendasar dalam mengantisipasinya.

Ganjar bahkan meyakini masyarakat di tanah air mampu menghadapi virus ini dengan baik sepanjang imunitasnya terjaga.

“Itu disampaikan juga oleh Presiden bahwa kita mampu kita bisa dengan pengalaman Mers dan SARS waktu itu,” katanya.

Kagama, kata Ganjar, juga menyampaikan kepada Presiden bahwa anggotanya pada jabatan apapun, lokasi dimanapun akan senantiasa untuk berinisiatif merecover kondisi ekonomi.

“Bahkan kita bisa membuat kajian-kajian untuk melakukan ’political bridge’ kepada pemerintah sehingga kita bisa bertahan menyelamatkan kondisi dari gangguan corona ini dan dunia usaha tetap bisa berjalan,” katanya.

Pewarta: Hanni Sofia, Desca Lidya Natalia
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020