Berubah jadi PT, Jamkrindo luncurkan logo HUT Ke-50

Berubah jadi PT, Jamkrindo luncurkan logo HUT Ke-50

Direksi PT Jamkrindo (Persero) meluncurkan logo HUT  50 tahun Jamkrindo di Kantor Pusat Jamkrindo, Jakarta, Senin. (ANTARA/HO-Jamkrindo)

Jakarta (ANTARA) - PT Jamkrindo (Persero) meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 bertemakan “Terus Berkontribusi Bagi Negeri” seiring berubahnya status badan hukum perusahaan dari Perusahaan Umum (Perum) menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Direktur Utama PT Jamkrindo Randi Anto mengatakan, logo tersebut mencerminkan kematangan perusahaan yang sukses mencapai momen berharga dalam usia emas selama menempuh perjalanan panjang bekerja bersama membangun bangsa.

"Hal ini diinterpretasikan dalam konsep pertumbuhan cemerlang yang didasari semangat produktif dan proaktif dalam pencapaian tujuan melalui kegiatan yang bernilai tambah, efektif, efisien, engagement, berorientasi pelanggan, dan soliditas tim," ujar Randi saat acara peluncuran logo HUT 50 tahun Jamkrindo di Kantor Pusat Jamkrindo, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Randi juga menyampaikan bahwa usia 50 tahun merupakan momentum bagi perusahaan untuk meningkatkan kontribusi bagi negeri. Usia tersebut juga merupakan sebuah tonggak baru untuk menyediakan layanan penjaminan melalui transformasi perubahan bentuk badan usaha menjadi PT Jamkrindo (persero).

Menuju usia 50 tahun, Jamkrindo berubah status badan hukum dari yang semula Perusahaan Umum (Perum) menjadi PT Jamkrindo (Persero) melalui Peraturan Pemerintah No 11/2020 tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Jamkrindo.

Keputusan tersebut dikuatkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-00011484.AH..01.01 Tahun 2020 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas Perusahaan Perseroan (Persero) PT Jaminan Kredit Indonesia atau disingkat PT Jamkrindo (Persero).

"Kerja cerdas di tengah perubahan akan menjadi semangat segenap insan Jamkrindo untuk senantiasa tumbuh dan meningkatkan peran strategisnya serta memberikan dampak bagi negeri,” kata Randi.

Bersamaan dengan itu, dilaksanakan juga serangkaian kegiatan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Tema tersebut dipilih dengan harapan perusahaan mampu lebih bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kinerja Jamkrindo mampu dirasakan semua pihak.

Adapun fokus dari seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-50 adalah Jamkrindo Peduli Pendidikan, Jamkrindo Peduli Sosial dan Peduli Kesehatan.

Randi menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan tersebut telah mulai sejak awal tahun. Dimulai dari Aksi Jamkrindo Peduli Sosial berupa penyaluran bantuan kepada korban banjir Lebak, Banten dan wilayah Jabodetabek. Selain itu, pada Februari lalu Jamkrindo memberikan santunan di dua panti asuhan di Yogyakarta yakni Panti Asuhan Wiloso Projo dan Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah.

Jamkrindo juga melakukan pemberdayaan berkelanjutan di Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat berbasis kampanye anti sampah plastik, yang menyasar kegiatan-kegiatan selaras dengan agenda HUT yaitu Jamkrindo Peduli Pendidikan, Kesehatan dan Sosial.

Kegiatan jangka panjang itu akan dilakukan hingga tahun 2022 dan telah dimulai sejak tahun lalu yang ditandai dengan komitmen penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang peningkatan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Selain itu, dalam program Jamkrindo Peduli Pendidikan di Sukabumi, Jamkrindo baru-baru ini juga melakukan kegiatan edukasi gaya hidup hijau di sekolah-sekolah Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di 8 kecamatan yang masuk wilayah Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark dengan melibatkan peserta program magang mahasiswa bersertifikat serta pemberian bantuan beasiswa dan bantuan renovasi sekolah;

Tak hanya itu, serangkaian kegiatan lainnya akan digelar untuk memeriahkan HUT Ke 50 Tahun Jamkrindo seperti Jamkrindo Hackathon Competition, beasiswa kepada siswa tidak mampu, penyediaan mobil perpustakaan keliling, kompetisi fotografi dan karya tulis jurnalistik, pemberian santunan dan sembako gratis, renovasi sekolah, dan pemberian mobil jenazah.

Selanjutnya, ada gerakan edukasi kampanye anti sampah dan peluncuran bank sampah di Geopark Ciletuh, Sukabumi, bantuan rumah ibadah, donor darah, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis, bantuan terhadap mantan atlet nasional, sunatan masal, bantuan unit peralatan usaha UMKM, olahraga bersama mitra, pelatihan manajemen keuangan usaha, launching Buku 50 Tahun Jamkrindo, pemberian barang layak pakai, serta perlombaan-perlombaan untuk internal perusahaan.

Baca juga: Berubah persero, Dirut Jamkrindo: Ambil keputusan jadi lebih cepat
Baca juga: Jamkrindo targetkan penjaminan untuk 8,5 juta UKM
Baca juga: Jamkrindo catatkan volume penjaminan Rp204 triliun sepanjang 2019
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020