Upaya kerja sama ini kami lakukan agar iklim investasi di Aceh Barat semakin baik dan berkembang.
Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjajaki kerja sama investasi sektor pariwisata, perikanan, dan perkebunan dengan Pemerintah Jepang melalui Japan External Trade Organization (Jetro) Indonesia.

Untuk menjajaki kerja sama tersebut Bupati Aceh Barat H Ramli MS bertemu dengan Presiden Direktur Jetro Jakarta, Keishi Suzuki bersama sejumlah pejabat daerah setempat di Jakarta, Selasa

“Upaya kerja sama ini kami lakukan agar iklim investasi di Aceh Barat semakin  baik dan berkembang,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS melalui saluran telepon.

Baca juga: Investor Kanada jajaki kerja sama pengembangan wisata di Lumajang

Menurutnya, rencana kerja sama tersebut diharapkan dapat membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat di Aceh Barat, sekaligus memberikan kesempatan kepada petani, nelayan, dan pelaku usaha agar dapat mengembangkan usaha dan diekspor ke luar negeri.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan tersebut, kata Ramli MS, Pemkab Aceh Barat juga menawarkan kerja sama kepada pengusaha Jepang agar turut mengembangkan potensi wisata di daerah ini.

Kemudian pengembangan industri perikanan, pembangunan pelabuhan ekspor impor, pembangunan pabrik ban, serta aneka peluang investasi lainnya.

“Apabila rencana ini berhasil, iklim investasi di Kabupaten Aceh Barat semakin maju,” kata Ramli MS.

Baca juga: Indonesia, Jepang perkuat kerja sama perikanan di Natuna

Sementara itu, Presiden Direktur Jetro Jakarta, Keishi Suzuki dalam pertemuan selama 45 menit di ruang kerjanya, menyambut baik upaya kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Pihaknya berjanji dalam dua bulan mendatang akan mengunjungi Kabupaten Aceh Barat, untuk menindaklanjuti upaya kerja sama tersebut.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020