Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia  Divre IV Tanjungkarang memberikan penyuluhan pencegahan penularan virus corona novel (COVID-19) dengan membuka layanan cek kesehatan penumpang dan sosialisasi di Stasiun KA Tanjungkarang.

“Pemeriksaan kesehatan di Stasiun KA Tanjungkarang terbuka bagi penumpang yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya,” kata Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, kereta api adalah salah satu transport umum yang memiliki mobilitas tinggi sehingga wajib memberikan edukasi kepada para pengguna jasa KA tentang kesehatan, termasuk pemeriksaan kesehatan gratis kepada seluruh penumpang yang akan berpergian menggunakan transportasi kereta.
Baca juga: KCI antisipasi penyebaran virus corona di sejumlah stasiun
Baca juga: KAI Jember antisipasi penyebaran virus corona di stasiun

“Pemasangan spanduk berisi informasi bahaya virus corona akan dilakukan di tempat-tempat strategis, begitu juga pengumanan oleh petugas kereta api,” katanya

Pemasangan spanduk sosialisasi pencegahan virus corona tidak hanya dipasang di Stasiun KA Tanjungkarang, juga di stasiun lainnya seperti Kotabumi, Blambangan Umpu, Martapura, Baturaja dan Kertapati. Selain itu, PT KAI Divre IV juga menyediakan pos kesehatan di setiap stasiun yang bertujuan membantu penumpang yang merasa kurang fit sebelum dan sesudah perjalanan KA.

“Silakan melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes stasiun. di Stasiun Tanjungkarang, Kotabumi, Blambangan Umpu, Martapura, Baturaja dan lainnya. Kegiatan seperti ini juga akan kami lanjutkan agar masyarakat mengerti dan paham tentang bahaya virus corona," tambahnya.
Baca juga: Cegah corona, Kemenhub fokuskan pengawasan KRL Jakarta-Depok

Pewarta: Hisar Sitanggang/Ardiansyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020