Gelandang Persija cegah virus corona dengan makanan sehat dan latihan

Gelandang Persija cegah virus corona dengan makanan sehat dan latihan

Gelandang baru Persija Jakarta Marc Anthony Klok berfoto di kantor Persija di Kuningan, Jakarta, Sabtu (1/2/2020). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang Persija Jakarta Marc Klok mengatakan dirinya mencegah serangan virus corona dengan teratur mengonsumsi makanan sehat dan terus menjalani latihan.

"Itu membuat stamina dan kondisi saya menjadi bagus," kata Klok di Mes Persija, Jakarta, Rabu.

Meski demikian, pesepak bola kelahiran Belanda itu mengatakan bahwa hal tersebut tidak dilakukannya semata karena virus corona.

Baca juga: Marc Klok berharap naturalisasinya segera tuntas

Sebagai atlet profesional, dia memang dituntut untuk menjaga fisik dengan mengkosumsi asupan bergizi, termasuk vitamin, menjalani latihan dan memastikan tidur cukup setiap harinya.

Kebiasaan tersebut juga bentuk pencegahan agar tubuh tidak mudah dan lebih cepat pulih dari cedera.

Klok sendiri sempat mengalami cedera di pramusim bersama Persija, tetapi saat ini sudah pulih, bahkan bermain sejak menit pertama kala skuat berjuluk Macan Kemayoran menaklukkan Borneo FC 3-2 pada laga perdana kedua tim di Liga 1 Indonesia 2020, Minggu (1/3).

Baca juga: Marc Klok belum 100 persen bugar
Baca juga: Persija jalin kontak dengan 'playmaker' asing


"Saya selalu menjaga kondisi seperti itu setiap musim, bukan hanya karena ada virus corona. Saya sebelumnya cedera, tetapi kini sudah fit dan terus menjaga kebugaran," kata pesepak bola berusia 26 tahun itu.

Setelah menyerang masyarakat di berbagai negara, pada Senin (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa virus corona tiba di Indonesia. Dua warga Depok, Jawa Barat, positif menderita penyakit pernapasan akibat virus tersebut.

Itu menjadi kasus corona pertama di Tanah Air setelah virus tersebut mulai menginfeksi orang-orang di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Virus corona sudah menyebar ke lebih dari 75 negara dan menginfeksi sekitar 48.000 manusia dan membuat sekitar 3.100 orang kehilangan nyawa.

Baca juga: Marc Klok wujudkan mimpi bergabung Persija
Baca juga: Persija kontrak Marc Klok empat tahun
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020