Kemarin, pemindahan ABK ke Pulau Sebaru hingga pemburuan masker

Kemarin, pemindahan ABK ke Pulau Sebaru hingga pemburuan masker

Landing Craft Utility (LCU) KRI dr Soeharso mengangkut WNI ABK Diamond Princess untuk diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Sebanyak 68 WNI ABK Diamond Princess akan menjalani observasi di Pulau Sebaru Kecil, sementara satu orang masih harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya terjadi pada Kamis (5/3) telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dan masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas pada Jumat ini.

Berikut lima rangkuman berita yang layak untuk dibaca kembali

1. ABK Kapal Diamond Princess diturunkan dari KRI dr Soeharso-990

Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess akhirnya diturunkan dari KRI dr Soeharso-990 yang berlabuh di sekitar Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Kamis sekitar pukul 14.00 WIB.

Pantauan ANTARA dari dermaga Pulau Lipan, pemindahan para pekerja kapal itu menggunakan satu kapal Landing Craft Utility (LCU) milik KRI dr Soeharso dengan pengawalan 5 unit Sea Rider milik Kopaska Koarmada I.

Tidak ada pakaian khusus yang digunakan para WNI awak kapal itu. Sementara petugas kesehatan yang mendampingi, menggunakan alat pelindung diri lengkap berwarna putih dan biru.

Selengkapnya di sini

2. Kabareskrim minta pembatasan ekspor masker

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Listyo Sigit akan berkoordinasi dengan otoritas Bea Cukai untuk membatasi ekspor masker dan hand sanitizer (antiseptik)

Hal itu disampaikan Listyo dalam inspeksi mendadak bersama jajaran Polda Metro Jaya untuk memastikan ketersediaan masker dan hand sanitizer yang banyak dicari masyarakat di Pasar Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Polres Jakarta Utara gerebek timbunan 60 ribu masker

Penyidik Polres Metro Jakarta Utara menggerebek dua lokasi yang diduga sebagai gudang penimbunan masker dan mengamankan lebih dari 60 ribu masker.

"Ada sekitar 60 ribu lebih masker yang kita amankan," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Pol Budhi Herdi Susianto saat dikonfirmasi, Kamis.

Budhi mengatakan dua lokasi tempat polisi mengamankan masker-masker itu berada di Jakarta Utara dan di Jakarta Pusat.

"Satu di Pademangan, satu pengembangan di Jakarta Pusat," ujarnya.

Selengkapnya di sini

4. DKI imbau tenaga kesehatan perhatikan teknis penanganan terduga Corona

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau agar tenaga kesehatan memperhatikan kembali teknis penanganan pasien terduga virus corona COVID-19 sesuai dengan surat edaran nomor 18/SE/2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Pneumonia Novel Coronavirus (nCoV).

Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khaifah Any mengatakan surat edaran tersebut ditujukan kepada Para Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Administrasi DKI Jakarta, Para Direktur RS DKI Jakarta dan Para Kepala Puskesmas Kecamatan DKI Jakarta yang diterbitkan pada 22 Januari 2020.

Selengkapnya di sini

5. Pasar Jaya sediakan 250 galon pencuci tangan untuk pengunjung pasar

Perusahaan Umum Daerah Pasar Jaya menyediakan total 250 galon cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang akan ditempatkan di 87 pasar.

"Saat ini kita gunakan siasat, pasar-pasar kita pasangkan hand sanitizer agar masyarakat yang mau ke pasar bisa cuci tangan," kata Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020