Kemarin, dampak corona kompleks sampai kartu multi trip KCI

Kemarin, dampak corona kompleks sampai kartu multi trip KCI

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sri Mulyani sebut dampak corona lebih kompleks dibanding tekanan 2008 hingga KCI jual 751 ribu kartu multi trip sepanjang 2019, berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak Anda simak:

1. Sri Mulyani: Dampak Corona lebih kompleks dibanding tekanan 2008

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai dampak dari wabah Virus Corona ke perekonomian dunia lebih kompleks dibandingkan tekanan ekonomi global pada 2008 akibat kebangkrutan bank investasi di AS, Lehman Brothers.

Menurut Sri Mulyani di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, wabah Virus Corona jenis baru atau Covid-19 menimbulkan tekanan langsung terhadap individu masyarakat, bukan melalui sektor keuangan seperti pada 2008.

Simak berita lengkapnya di sini

2. OJK kumpulkan petinggi perbankan bahas dampak Virus Corona

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumpulkan petinggi perbankan untuk membahas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan regulator dalam menghadapi dampak wabah Virus Corona baru atau Covid-19 khususnya kepada pelaku usaha.

"Supaya semua kebijakan dipahami pelaku perbankan dan ditransmisikan dengan baik kepada sektor riil," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso usai menghadiri pertemuan di Gedung Radius Prawiro, Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Kejar peringkat kemudahan usaha, BKPM pangkas prosedur memulai bisnis

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan memangkas prosedur memulai usaha sebagai salah satu upaya mengejar perbaikan peringkat dalam laporan Bank Dunia berjudul Ease of Doing Business (EoDB) atau survei Kemudahan Berusaha.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM Yuliot di Jakarta, Kamis, mengatakan tim Perbaikan Kemudahan Berusaha sedang menyusun program reformasi untuk 11 indikator EoDB untuk semakin memaksimalkan masuknya investasi ke Indonesia.

Simak berita lengkapnya di sini

4. Luhut: Penataan kawasan Danau Toba tahap awal selesai Juni

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pelaksana pekerjaan Proyek KA Cepat Jakarta – Bandung untuk segera menindaklanjuti Rekomendasi Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penataan kawasan wisata Danau Toba yang masuk dalam lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) untuk tahap awal ditargetkan selesai pada Juni 2020.

"Tadi, kami melakukan rapat yang membicarakan 39 spot wisata yang kita sepakati dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lalu dari 39 itu kita perkecil menjadi sekitar delapan hingga 10 spot saja, agar kita bisa lebih fokus. Kami hitung berapa yang bisa kita langsung danai sehingga bisa selesai Juni. Kami kerjakan semuanya mulai dari rumah, homestay, jalan, kebersihannya, budaya, pertanian, hingga manusianya, kami kerjakan semua," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5.KCI jual 751 ribu kartu multi trip sepanjang 2019

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat telah menjual 751.122 kartu multi trip (KMT) sepanjang 2019, meningkat dengan pemberlakuan stasiun khusus KMT pada tahun lalu.

"Penjualan KMT di 2019 naik 86 persen di angka 751 ribu kartu. Sedangkan di 2018 penjualan KMT di angka 403 ribu kartu," kata VP Komersial PT KCI Karina Amanda dalam jumpa pers di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020