Yang pasti BUMN farmasi yakni Bio Farma akan (didorong) untuk siap membuat vaksin dan kalau sudah ada akan mereka coba
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir mulai dari Erick Thohir mendorong Bio Farma mengembangkan vaksin corona hingga perbankan menyiapkan antisipasi kredit bermasalah naik sebagai imbas wabah virus corona atau COVID-19.

Berikut rangkuman berita pada pekan pertama Maret 2020 ini.

1. Erick Thohir dorong Bio Farma kembangkan vaksin Corona

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong BUMN farmasi yakni Bio Farma untuk mengembangkan vaksin Corona dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus tersebut.

"Yang pasti BUMN farmasi yakni Bio Farma akan (didorong) untuk siap membuat vaksin dan kalau sudah ada akan mereka coba," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta.

Berita selengkapnya di sini

2. Tinjau gudang Bulog, Erick Thohir: Stok beras aman sampai Lebaran

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok beras untuk seluruh Indonesia dalam kondisi aman sampai Lebaran di tengah maraknya wabah Virus Corona baru atau COVID-19.

"Dengan adanya Corona Virus dan persiapan menuju Lebaran, pasti masyarakat mempertanyakan bagaimana kesiapan pemerintah? Tentu kita ingin memastikan bahwa stok beras aman," ujar Erick Thohir di Jakarta.

Berita selengkapnya di sini

3. Wabah corona, Erick Thohir: Stok masker di Kimia Farma aman tersedia

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok masker dan perlengkapan kesehatan lainnya aman dan tersedia di seluruh apotek Kimia Farma.

"Kimia Farma ini memiliki 1.300 apotek dan juga 600 klinik di seluruh Indonesia. Barusan saya sudah cek stok masker, cairan antiseptik, dan semua peralatan kesehatan lainnya ada tersedia," ujar Erick Thohir di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya di sini

4. AP I: Pendatang dari Iran, Korsel dan Italia wajib bersertifikat sehat

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memperbolehkan pendatang dari tiga negara, yakni Iran, Korea Selatan, dan Italia masuk ke Indonesia melalui bandara asalkan membawa sertifikat kesehatan.

"Kemarin Kamis (5/3/2020) kita rapat di Kementerian Perhubungan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP, apakah boleh pendatang dari ketiga negara tersebut masuk ke Indonesia? Boleh (datang ke Indonesia), asalkan mereka membawa sertifikat kesehatan," ujar Direktur Operasional AP I Wendo Asrul Rose di Jakarta.

Berita selengkapnya di sini

5. PT PP raih BUMN Performance Excellence Award 2020

PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, meraih BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020 sebagai bentuk apresiasi kepada BUMN yang berhasil melakukan berbagai inovasi.

PT PP di Jakarta menyebutkan, Direktur Strategi Korporasi & HCM PT PP (Persero) M. Aprindy mewakili perseroan menerima penghargaan tersebut dan penghargaan diberikan pihak penyelenggara dikarenakan Perseroan berhasil masuk dalam daftar sembilan BUMN yang berhasil meraih level Industry Leader dalam Assessment KPKU 100 BUMN yang dilakukan oleh Tim Assessment Forum Ekselen BUMN pada tahun 2019 karena mendapatkan skor 677,5.

Berita selengkapnya di sini

6. Jalan Tol Palembang-Kayu Agung dibuka resmi pertengahan Maret

Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan akan dibuka resmi pada pertengahan Maret 2020.

Kepala Proyek Seksi 1 Tol Palembang-Kayu Agung Gunawan Joko di Palembang, Sumsel, mengatakan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada minggu kedua Maret 2020.

Berita selengkapnya di sini

7. Presiden Jokowi perintahkan Kemendag pastikan stok bahan pangan cukup

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Perdagangan dan instansi terkait lainnya memastikan stok bahan makanan mencukupi menjelang Ramadhan, yang merupakan momentum konsumsi tinggi pada akhir April 2020.

Presiden Jokowi dalam pembukaan rapat kerja Kemendag 2020 di Istana Negara, Jakarta, mengatakan masyarakat sedang menghadapi tekanan karena wabah Virus Corona baru atau Covid-19. Oleh karena itu, jangan sampai stok bahan makanan di pasaran tidak mencukupi yang dapat menambah keresahan masyarakat.

Berita selengkapnya di sini

8. Kemenkeu pantau dampak virus corona terhadap ekonomi RI

Kementerian Keuangan terus memantau dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia karena penyebaran virus tersebut terus berlanjut.

"Di China sekarang yang kena infeksi mulai turun tapi di negara lain mulai muncul seperti Italia, Korea, dan Indonesia. Kami lihat ini belum berhenti, sehingga kami pantau serius," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara ketika meluncurkan buku kemitraan Bank Pembangunan Asia (ADB) di Jakarta.

Berita selengkapnya di sini

9. Perbankan siapkan antisipasi kredit macet naik, imbas Virus Corona

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Royke Tumilaar mengaku siap untuk memitigasi potensi naiknya kredit macet atau Non-Performing Loan (NPL) karena adanya dampak wabah Virus Corona di Indonesia.

“Jangan tunggu macet (kreditnya) baru action. Saya yakin belum ada yang macet tapi (ada) antisipasi ke sana karena maksud kebijakan ini kan mengantisipasi,” kata Royke Tumilaar di Kantor OJK, Jakarta.

Berita selengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020