Manggar (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga menetapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Nasional pada Agustus 2020 di Belitung Timur, sehingga dapat meningkatkan sport tourism di negeri 1001 kopi itu.

"Pada Agustus tahun ini, Belitung Timur akan dikunjungi ribuan peserta FOT nasional sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Soharto saat pembukaan FOT tingkat Provinsi Kepulauan Babel di Manggar, Selasa.

Ia mengatakan festival olahraga tradisional ini selain untuk menumbuhkan kembali minat anak-anak khususnya pelajar untuk bermain permainan tradisional juga sebagai persiapan pemerintah daerah dalam menghadapi FOT nasional nanti.

Baca juga: Banten juara umum Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019 di Bantul

"Saat ini minat anak-anak pelajar untuk berolahraga atau permainan tradisional sudah berkurang dan mereka lebih menyukai permainan yang bersifat teknologi," ujarnya.

Menurut dia olahraga tradisional Indonesia khususnya Babel ini sangat banyak sekali dimulai terompah panjang, gasing, bakiak, kereta sorong, pencak silat dan diharapkan melalui FOT ini dapat mengangkat olahraga tradisional ini kembali menjadi prestasi dan dikenal dunia internasional.

"Saat ini olahraga dan permainan tradisional semakin punah, karena perkembangan teknologi. Oleh karena itu, pemerintah daerah dengan Kemenpora terus berupaya olahraga tradisional hilang dan punah di masyarakat," katanya.

Ia menambahkan berdasarkan data sekitar 72 persen anak berusia 18 tahun ke atas sudah memegang gadget, handphone, artinya yang bergerak jari, bukan badan.

Baca juga: Kemenpora harap olahraga tradisional dipertandingkan di PON

"Kita terus berupaya agar generasi ini kembali mencintai olahraga tradisional ini. Olahraga ini bukan hanya mengejar prestasi, sekaligus menghidupkan kembali olahraga asli rakyat Indonesia," katanya.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah merasa senang dan bangga berada di tengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa, karena mereka merupakan generasi penerus yang akan menjaga, memelihara, mewarisi, dan meneruskan warisan seni dan budaya, salah satunya dengan melalui FOT.

"Warisan budaya ini harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus. Oleh sebab itu, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing," katanya.
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020