Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan 5.0 Skala Richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa, (10/3) sekitar pukul 17.17 WIB menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan bahkan beberapa di antaranya ambruk.

"Petugas penanggulangan bencana kecamatan saat ini sedang melakukan pendataan, salah satunya kerusakan terjadi di Kecamatan Parakasalak," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Selasa.

Baca juga: Sukabumi diguncang gempa bermagnitudo 5.0

Menurutnya, untuk jumlah pasti berapa rumah dan fasilitas umum yang rusak masih dalam penilaian petugas, kemungkinan jumlah bangunan yang terdampak mulai dari rusak ringan hingga berat cukup banyak.

Selain itu, BPBD bersama unsur Muspika di wilayah terdampak sampai saat ini masih memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana dan mengevakuasi sejumlah warga serta membawa korban yang cidera ke fasilitas kesehatan.

Baca juga: Wilayah Bogor juga rasakan gempa magnitudo 5,0 yang guncang Sukabumi

"Untuk jumlah pastinya masih dalam pendataan, karena gempa yang terjadi menjelang Magrib ini berdampak ke sejumlah kecamatan khususnya yang berada di wilayah utara Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Sebelumnya, informasi dari BMKG gempa berkekuatan 5.0 SR yang berpusat di di 6.89 LS 106.62 BT, 13 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut. 

Baca juga: Gempa magnitudo 5,0 di Sukabumi akibat sesar lokal
Baca juga: Pascagempa, BPBD Bogor terima laporan rumah ambruk di Pamijahan
Baca juga: Gempa Sukabumi, guncangannya dirasakan di Bogor

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020