Banyuwangi jadwal ulang ajang BMX internasional 2020 akibat corona

Banyuwangi jadwal ulang ajang BMX internasional 2020 akibat corona

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat acara Seminar Ekonomi di Graha Kadin Jatim, Selasa (10/3) (ANTARA Jatim/ Abdul Malik Ibrahim)

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menjadwal ulang ajang BMX Internasional atau Banyuwangi International BMX 2020 yang rencananya digelar pada 4-5 April 2020, akibat penyebaran virus corona atau (COVID-19).

"Akan ada even yang saya 'reschedule' tm (komunikasikan) terkait penyebaran virus corona, mungkin dalam beberapa pekan ini. Hal ini terkait undangan beberapa negara yang juga mereschedule perjalanan mereka," kata Bupati Banyuwangi, Jatim, Abdullah Azwar Anas di Surabaya, Selasa.

Baca juga: ISSI: BMX Internasional Banyuwangi berkualitas dunia

Anas ketika ditemui usai acara Seminar Ekonomi di Graha Kadin Jatim mengatakan dirinya juga akan mengkomunikasikan terkait penjadwalan ulang ajang itu dengan pihak federasi internasional.

Banyuwangi International BMX 2020 merupakan bagian dari Banyuwangi Sport Event Tourism 2020 yang dipusatkan di sirkuit BMX Muncar, Kedungrejo. Ajang tersebut, diikuti peserta dari berbagai negara, seperti Brazil, Inggris, Denmark, Italia, Ekuador, Selandia Baru, Australia, Tiongkok, Latvia, Jepang, dan Jerman.

Baca juga: 350 peserta ikuti kejuaraan BMX Internasional Banyuwangi

Di lokasi yang sama, juga digelar acara yang sama tahun 2019, yakni BMX Internasional Banyuwangi pada 26 - 27 Oktober 2019 dan telah menjadi "jujugan" para atlet balap BMX internasional untuk berburu poin menuju Olimpiade 2020 di Jepang.

Anas mengatakan ketika persaingan antardaerah di industri pariwisata semakin ketat, dibutuhkan strategi alternatif agar tetap dilirik sebagai destinasi wisata.

Sejak empat tahun lalu, Banyuwangi Festival menghadirkan ajang olahraga wisata baru, yakni International BMX Competition yang digelar di Sirkuit Muncar yang telah berstandar Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI), dan ajang ini juga masuk agenda rutin UCI.

Baca juga: 350 pebalap ramaikan kompetisi BMX Internasional Banyuwangi

Baca juga: UCI puji gebrakan Banyuwangi gelar kejuaraan Hors Class


Sirkuit BMX di Muncar, Banyuwangi, kata dia, juga mulai menjadi sarana latihan para penggemar balap sepeda BMX dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk para peserta lomba yang datang bersama tim dan keluarga, yang semuanya menumbuhkan konsumsi lokal dan ujungnya menggerakkan ekonomi.
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020