Cegah COVID-19, dr Corona imbau warga kurangi jalan ke luar negeri

Cegah COVID-19, dr Corona imbau warga kurangi jalan ke luar negeri

Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center dr Corona Rintawan, SpEM, memberi penjelasan kepada media usai konferensi pers PP Muhammadiyah di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (10/3/2020). (FOTO ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center dr Corona Rintawan, SpEM, mengimbau masyarakat untuk mengurangi perjalanan ke luar negeri di tengah masifnya penyebaran virus novel coronavirus atau SARS-COV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

"Jadi kita kurangi dulu pergi ke luar negeri," katanya usai konferensi pers di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa mengurangi perjalanan ke luar negeri perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah kemungkinan terinfeksi virus yang saat ini telah menyebabkan 19 orang di Indonesia dirawat.

Kemudian, selain perlunya mengurangi perjalanan ke luar negeri, dr Corona Rintawan juga menekankan perlunya masyarakat melihat faktor-faltor risiko

"Misalnya ada teman yang ke luar negeri, kita infokan bagaimana sebaiknya di sana," katanya.

Selain itu, pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun sangat dianjurkan guna membebaskan diri dari virus tersebut.

"Ke manapun Anda pergi, cari tempat cuci tangan," katanya.

Kemudian pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rutin berolahraga, makan bergizi dan istirahat cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan virus influenza, virus SARS-COV-2 memiliki tingkat mortalitas yang lebih tinggi.

Tetapi sebaliknya jika dibandingkan dengan virus seperti SARS, MERS-CoV dan flu burung, virus penyebab penyakit COVID-19 tersebut memiliki tingkat mortalitas jauh lebih rendah.

"Tetapi memang jumlahnya sangat masif dan mudah menyebar. Jadi dia menyerangnya di jumlah, bukan di mortality rate," katanya.

Oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh dapat menjadi perisai utama untuk menghadapi kemungkinan penyebaran virus tersebut, demikian Corona Rintawan.

Baca juga: Muhammadiyah sadarkan masyarakat melalui Safari COVID-19

Baca juga: Muhammadiyah siapkan rumah sakit tangani virus corona

Baca juga: Muhammadiyah ajak masyarakat berderma masker
Pewarta : Katriana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020