DMI kirim karbol ke tiga provinsi

DMI kirim karbol ke tiga provinsi

Ketua Umum DMI Jusuf Kalla menyaksikan penyerahan bantuan karbol kepada DMI Jakarta yang dilakukan oleh Wakil Ketua DMI Komjen Syafruddin Kambo di Kantor PP DMI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).(ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyalurkan 100 ribu set karbol untuk tiga provinsi dalam rangka gerakan kebersihan masjid sebagai antisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"100 ribu set dibagikan ke tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat," kata Ketua Umum DMI Pusat Jusuf Kalla (JK) di Kantor PP DMI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat.

JK mengatakan, tahap gerakan kebersihan masjid di utama di kota-kota besar, maka DMI menyalurkan bantuan karbol tersebut di tiga provinsi. Selanjutnya ke seluruh wilayah Indonesia.

Total ada dua juta botol atau liter karbol yang disiapkan oleh DMI untuk disalurkan ke masjid di seluruh Indonesia.

Baca juga: JK: Lebih baik capek di masjid daripada di rumah sakit
Baca juga: DMI siapkan 2 juta karbol untuk masjid seluruh Indonesia


JK mengatakan, bantuan karbol yang sudah dikirim tersebut selanjutnya diserahkan langsung ke tiap-tiap pengurus DMI di masing-masing kabupaten dan kota yang ada di tiga provinsi tersebut.

"Akan diserahkan langsung ke pengurus DMI yang ada di tiap-tiap kabupaten, akan diterima langsung sampai ke masjid yang ada di kabupaten," ujar JK.

Mantan Wakil Presiden RI tersebut mengatakan, pembagian karbol untuk masjid itu dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran (COVID-19).

Upaya pencegahan ini dilakukan di masjid karena berkaca pada kejadian penyebaran virus corona di sejumlah negara lewat tempat ibadah seperti di Korea dan Iran.

"Kenapa masjid harus serius seluruh jamaah, karena pengalaman kemarin di Iran, Korea itu, rumah ibadah rentan tersebar corona, masjid dipakai buat sujud. Jadi gerakan bersih masjid harus digalakkan, kita kerja sama juga dengan BNPB dan Pemprov DKI," kata JK.
Baca juga: JK hadiri peluncuran Gerakan Semprot Disinfektan 10.000 Masjid
Baca juga: JK: "Lockdown" efektif untuk cegah penyebaran COVID-19

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020