Semarang (ANTARA) - Seorang warga negara asing yang tercatat sebagai penumpang Kapal Pesiar MV Columbus menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) terkait dengan virus corona jenis baru (COVID-19) di ruang isolasi RSUP dr. Kariadi, Kota Semarang.

"Ada satu (WNA), kondisi sudah 'sepuh' masuk PDP, kalau terkait COVID-19 masih menunggu hasil uji lab," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu.

Baca juga: Semua sekolah di Kabupaten Kudus diliburkan antisipasi corona

Ganjar menyebutkan saat ini kepastian yang bersangkutan apakah terinfeksi COVID-19 atau tidak masih menunggu hasil uji laboratorium yang sudah dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr. Kariadi Semarang Agoes Oerip Poerwoko saat dikonfirmasi membenarkan pernyataan Gubernur Ganjar Pranowo.

Ia menyebut PDP berkewarganegaraan Perancis dengan jenis kelamin perempuan berusia 73 tahun itu datang ke RSUP dr. Kariadi pada Jumat (13/3).

Menurut dia, PDP tersebut tidak sempat berwisata dan langsung ke rumah sakit setelah Kapal Pesiar MV Columbus bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Baca juga: KIP Jateng sesalkan kebijakan pemprov terkait Kapal MV Columbus

"Yang bersangkutan masuk PDP corona karena memiliki riwayat perjalanan dari lokasi yang memiliki kasus positif corona. Selain itu dari hasil rontgen juga menunjukkan hasil diduga corona," ujarnya.

Suami dari PDP itu saat ini juga masuk kategori orang dalam pengawasan (ODP) pihak RSUP dr. Kariadi Semarang.

Seperti diwartakan, Kapal Pesiar MV Columbus diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan seribuan wisatawan mancanegara turun untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Ambarawa, serta Kota Semarang.

Baca juga: Bupati Lebak liburkan sekolah cegah corona
Baca juga: Ganjar gratiskan biaya pemeriksaan COVID-19
Baca juga: UNBK SMK di Lampung tunggu Keputusan Gubernur

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020