Kementerian ESDM pastikan PLTSa Benowo beroperasi sebelum tengah tahun

Kementerian ESDM pastikan PLTSa Benowo beroperasi sebelum tengah tahun

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Benowo Teknisi mengontrol tekanan gas di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/8). Antara Jatim/Didik Suhartono/zk/16

Jakarta (ANTARA) -- Pemerintah melalui Kementerian Energi daan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, akan siap beroperasi pada pertengahan 2020.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi saat mengunjungi PLTSa Benowo, Jumat.

"PLTsa Benowo berkapasitas 9 MW diharapkan segera dapat diselesaikan dan dapat dioperasikan sehingga dapat menjadi contoh bagi implementasi Perpres di 11 Kota yang lain," ujarnya.

Berkapasitas 9 MW, PLTSa Benowo merupakan salah satu dari 12 kota yang termasuk dalam program percepatan pembangunan PLTSa melalui Perpres 35/2018.

Turut ikut dalam kunjungan tersebut, Dirut PT Sumber Organik Agus Nugroho Santoso menambahkan, PLTSa ini telah selesai dibangun dan saat ini tengah memasuki tahap akhir yaitu serangkaian pengujian dan pengetesan individual peralatan dan sistem sebelum nanti dioperasikan.

"Diharapkan sebelum tengah tahun, PLTSa ini sudah dapat menyuplai listrik bagi warga Surabaya dan sekitarnya," tuturnya.

Lebih lanjut, GM PLN Disjatim pun menyatakan bahwa PLN telah siap menerima listrik yang dihasilkan oleh PLTsa Benowo berkapasitas 9 MW ini.

"Infrastruktur seperti jaringan 20kV telah disiapkan di daerah tersebut sehingga saat beroperasi nanti, PLTSa Benowo dapat menjadi solusi permasalahan sampah di Kota Surabaya dan sekitarnya," tukasnya.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020