Jayapura (ANTARA) - Persewar Waropen membukukan kemenangan 4-0 melawan klub Ribas FC Biak pada ujicoba pasca penundaan liga 2 di Stadion Cenderawasih Biak, Senin (16/3).

"Laga ini adalah laga uji coba, setelah laga Liga 2 yang seharusnya berlangsung hari itu juga untuk Persewar Waropen melawan PSG Gresik terpaksa ditunda karena pandemi #covid-19,"kata pelatih Persewar Waropen Elie Aiboy.

Ia mengatakan, dengan menggelar laga ujicoba diharapkan dapat memberikan dampak bagi pemain untuk tetap menjaga stamina dan motivasi pemain, pasca ditundanya seluruh gelaran Liga 2 selama kurun waktu dua pekan ke depan.

Babak pertama Persewar memiliki banyak peluang untuk mencetak gol, akan tetapi hanya satu yang berbuah gol yang dicetak oleh Tonny Rumatrai.

Satu peluang emas lewat tendangan penalti yang dieksekusi oleh Ronald di babak pertama masih menyentuh tiang atas sebelah kanan gawang Ribas FC.

Menusuk pertahanan

Sementara di babak kedua Persewar mulai memberanikan diri untuk menusuk pertahanan lawan. Kali ini, lewat setelah berganti sepatu, Ronald Toumahouw berhasil mencetak gol indah lewat sontekan kaki kanannya. Persewar Unggul 2-0.

Selang beberapa menit kemudian, Ronald kembali memanfaatkan kelemahan kiper Ribas FC, dengan memanfaatkan umpan di lewat sisi kanan gawan Ribas FC, oleh Alex Marcel Kararbo. skor 3-0 untuk "mutiara bakau".

Pelatih Elie Aiboy sempat merolling beberapa pemain inti yang dipasang di babak pertama, untuk memberikan kesempatan kepada pemain lainnya.

Hasilnya, peluang yang diciptakan dari kaki ke kaki pemain tengah kombinasi Andi, dan Afui menghasilkan ribbon dari penjaga gawang Ribas FC, kemudian dieksekusi dengan baik oleh Yance Duwiri hingga berbuah gol. Skor 4-0, berakhir hingga pertandingan usai.

"Hasil ini tidak membuat Persewar Waropen lantas berbangga. Beberapa pelajaran dalam pertandingan ini,"kata mantan legenda Timnas Indonesia Elie harus menjadi perhatian seluruh pemain.

Sangat senang

Sementara Otto Dimara, Kapten Tim Ribas FC mengaku senang bisa bermain dengan klub liga 2 sekelas Persewar Waropen.

Otto menjadikan pertandingan tersebut sebagai laga yang mampu mengangkat semangat dan motivasi para pemain Ribas untuk tak patah semangat dan terus berlatih. Agar bisa menjadi pemain profesional dan berprestasi.

Persewar selanjutnya masih berencana melakukan pertandingan uji coba melawan tim-tim lokal di Biak lainnya.

Guna mengisi waktu para pemain, agar menerapkan skema-skema latihan meski disatu sisi Liga 2 belum jelas kapan kelanjutan digulir PSSI.

Baca juga: Pemain Persewar Waropen diminta jaga disiplin hadapi Liga 2
Baca juga: Persewar Waropen lakukan pemulihan stamina pemain di Pantai Hamadi

Pewarta: Muhsidin
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020