Pontianak (ANTARA) - Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura memberlakukan pengecekan suhu tubuh bagi prajurit dan tamu yang akan masuk ke lingkungan Kodam Tanjungpura dalam mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Bagi prajurit maupun tamu yang akan masuk ke lingkungan Kodam Tanjungpura harus dilakukan pengecekan suhu tubuh," kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel (Inf) Aulia Fahmi Dalimunthe di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Kasus corona di Masjid Seri Petaling merupakan klaster baru

Ia menjelaskan, pemeriksaan itu merupakan perintah dari komando atas dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan TNI khususnya di lingkungan Kodam XII/Tpr.

Ia mengatakan, sesuai dengan petunjuk dari bapak Pangdam, mulai hari ini kami melakukan tindakan pencegahan di lingkungan Kodam dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang masuk ke Makodam oleh tenaga medis yang telah disiapkan.

Menurut Kapendam, setiap orang baik prajurit, PNS maupun tamu yang datang ke Makodam akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermometer infrared. Pengukuran suhu tubuh ini dilakukan di pintu gerbang Makodam.

"Apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5 derajat celsius, tamu dan prajurit tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh tim kesehatan Kodam," katanya.

Baca juga: Indonesia miliki kemampuan uji laboratorium Covid-2019

Ia mengimbau khususnya kepada setiap prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr dan umumnya masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan serta selalu mengkonsumsi makanan yang sehat pula.

"Selalulah mencuci tangan saat datang ke rumah atau ke kantor usai bepergian," katanya.

Baca juga: Kodam XII/Tpr dirikan Posko Siaga tangani COVID-19

Baca juga: RS Kartika milik Kodam XII/Tpr disiapkan untuk antisipasi corona

 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020