Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya terjadi pada Kamis (19/3) telah diwartakan Kantor Berita ANTARA yang masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas di hari Jumat ini.

Berikut lima rangkuman berita yang layak untuk dibaca kembali

1. Ibadah massal Kristiani & Budha diimbau ditunda terkait COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau ibadah rutin umat Kristiani (Katolik maupun Protestan) serta umat Budha yang dijalankan dengan melibatkan banyak orang atau secara massal ditunda dalam waktu dua pekan terkait makin merebaknya Virus Corona COVID-19 di ibu kota negara.

Hal tersebut karena ada peningkatan signifikan kasus positif COVID-19 di Jakarta di mana pada Rabu (18/3) ada 160 kasus dan pada Kamis ini telah bertambah menjadi 208, kata Anies Baswedan di Jakarta, Kamis petang.

"Pertambahannya sangat cepat dan tidak lagi ada di kawasan tertentu, saat ini sudah semua kawasan. Karena itu, telah disepakati dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bahwa secara serius akan melakukan pembatasan interaksi di dalam seluruh komponen termasuk kegiatan-kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah-rumah ibadah untuk ditunda hingga kondisi memungkinkan," kata Anies di Balai Kota

Selengkapnya di sini

2. Masjid Istiqlal tiadakan Shalat Jumat dua pekan

Masjid Istiqlal meniadakan Shalat Jumat untuk dua pekan ke depan, menyusul imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada masjid-masjid di Jakarta untuk menunda kegiatan shalat berjemaah dan ibadah bersama lainnya untuk dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19)

"Kepada seluruh pengurus dan karyawan Masjid Istiqlal, disampaikan bahwa mengingat perkembangan situasi COVID-19 di DKI Jakarta khususnya dan Intruksi Imam Besar Masjid Istiqlal yang merujuk kepada Keputusan Gubernur DKI Jakarta 19 Maret 2020 jam 17.50 WIB, diputuskan di Masjid Istiqlal tidak melaksanakan Shalat Jumat selama dua minggu diganti Sholat Zuhur masing masing (tidak berjemaah)," kata Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Laksamana Pertama TNI (Purn) Asep Saepudin dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat malam.

Selengkapnya di sini


3. Anies tegaskan Jakarta masih tahap pembatasan interaksi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan Jakarta saat ini masih dalam tahap pembatasan interaksi, menanggapi kencangnya isu penutupan akses menyeluruh atau pembatasan sosial berskala besar di suatu wilayah (lockdown) bagi Jakarta karena penyebaran Virus Corona (COVID-19).

"Kami di Jakarta harus mengantisipasi semua kemungkinan tetapi terkait tahap pada saat ini, adalah kita melakukan pengurangan interaksi, itu yang kami kerjakan sekarang," kata Anies di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini


4. Enam mobil damkar padamkan kebakaran rumah di Pejaten

Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk mengatasi di jago merah di rumah tinggal di Jalan Siaga 1, Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis malam (19/3).

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya, kebakaran tersebut terjadi jelang tengah malam pukul 23.36 WIB, dan sekira pukul 01.10 WIB petugas damkar baru dapat melakukan proses pemadaman api.

Damkar BNPB dalam peristiwa tersebut dibantu pula sejumlah pihak, termasuk Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil) 03 Pasar Minggu.

Selengkapnya di sini


5. Kawanan pencuri motor berusia belasan tahun diringkus polisi

Penyidik Polda Metro Jaya meringkus tiga orang diduga pencuri motor berusia belasan tahun yang kerap beraksi di daerah Depok, Jawa Barat.

"Ada tiga pelaku, ini kelompok anak-anak kecil semua ini ya. Pertama FMB (18), kedua MFH (18), satu lagi inisial G (17)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis.

Selengkapnya di sini



Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020