Jakarta (ANTARA) - Salah satu aktivitas sehari-hari yang tak kalah penting untuk dijaga kebersihannya di tengah pandemi virus corona baru (COVID-19) adalah saat melakukan riasan (make-up), karena aktivitas ini paling erat kaitannya dengan sentuhan tangan ke wajah.

Baca juga: Tips bersolek natural ala gadis Korea

Baca juga: Mau pasang "eyelash extension"? Simak tips berikut ini


Co-Founder dan CMO Social Bella Chrisanti Indiana melalui keterangannya yang diterima ANTARA, Jumat, membagikan sejumlah kiat yang dapat diaplikasikan oleh agar dapat merias dengan cantik dan aman. Berikut ulasannya:

1. Mulai dan akhiri dengan tangan yang bersih
Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum ber-make up dan mengaplikasikan produk perawatan wajahmu.

"Pastikan tangan sudah benar-benar bersih ya, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jarimu. Jangan lupa untuk juga mencuci tangan setelah mengaplikasikan makeup," kata Chrisanti.

2. Hindari merias di tempat umum
Meskipun saat ini pertemuan secara langsung dibatasi, tapi ada beberapa acara yang tidak mungkin terhindarkan seperti pernikahan, rapat krusial ataupun bekerja di kantor.

Baca juga: Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie lakukan ini saat isolasi mandiri

Menurut Bella, lebih baik merias di rumah sebelum berangkat ke tempat-tempat tersebut untuk meminimalisir alat rias terpapar virus dan bakteri, misalnya ketika di toilet umum atau transportasi umum.

3. Jangan bertukar alat dan produk makeup dengan orang lain
Bukan hal yang tidak lazim bagi perempuan untuk saling meminjamkan produk atau alat make-up pada teman ataupun bahkan orang lain.

Tapi patut selalu diingat, seperti barang-barang lain pada umumnya, alat make up juga rentan dalam menyebarkan bakteri dan virus.
Ilustrasi. (ANTARA/Shutterstock)



4. Bersihkan alat rias secara berkala
Bukan hanya membersihkan wajah, penting juga membersihkan alat make-up secara berkala untuk menghindari paparan bakteri dan virus ke wajah.

Caranya, rendam secara berkala terutama kuas, spons, atau beauty blender dengan air hangat. Selain itu, kita juga bisa mengelap packaging make up semisal lipstik, bedak, blush on dengan cairan alkohol atau tissue anti bakteri.

Setelah itu pastikan alat tersebut kering sebelum dipakai kembali untuk menghindari jamur.

5. Membeli produk makeup secara daring
Membeli produk makeup secara daring dapat menjadi alternatif untuk mengurangi interaksi dengan keramaian. Pastikan juga untuk selalu membeli produk yang aman di tempat terpercaya.

6. Hindari penggunaan tester produk langsung ke wajah
Terlepas dari adanya COVID-19 atau tidak, menggunakan tester dengan benar harus selalu dilakukan untuk mengurangi risiko tertular penyakit atau bakteri.

Lebih berhati-hati dalam mengaplikasikan tester produk kecantikan ke wajah, misalnya ketika mencoba lipstik, cukup oleskan di tangan atau bagian lain kulit.

7. Makan dan minum bernutrisi
Terakhir, aspek penting lain untuk selalu tampil cantik dan sehat bukan hanya dari luar, tapi juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dari dalam.

Rajin minum air putih serta makan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan kulit, karena kulit dan badan yang sehat akan menunjang make-up lebih berkilau.


Baca juga: Tips isolasi mandiri COVID-19 di rumah

Baca juga: Cara manfaatkan waktu ketika sedang mengisolasi diri akibat corona

Baca juga: "Work from Home", berikut beberapa tips untuk keamanan siber

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020