Lampung Timur (ANTARA) - Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Lampung Timur Mashur Sampurna Jaya mengatakan bahwa pihaknya pada Senin akan melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di semua kantor instansi pemerintah tingkat kabupaten sampai desa dalam rangka mencegah penyebaran virus corona  di daerah itu.

"Penyemprotan disinfektan sudah mulai dilakukan sebagian. Rencananya Senin depan, kita akan laksanakan penyemprotan disinfektan serentak di tempat-tempat usaha dan instansi pemerintah," ujarnya di Lampung Timur, Jumat.

Baca juga: Wagub Lampung gelar rapat koordinasi penanganan COVID-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah mengeluarkan surat edaran ditujukan untuk instansi dan masyarakat dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19, dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 akan memastikan surat edaran tersebut dilaksanakan di lapangan.

Dia menyebutkan sosialisasi pencegahan penularan COVID-19 kepada masyarakat oleh aparatur kecamatan dan desa segera diintensifkan agar masyarakat teredukasi untuk meminimalkan terinfeksi virus corona.

Dia mengingatkan masyarakat tidak menyepelekan COVID-19 sehingga masyarakat perlu tetap berada di rumah, menjaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, berolahraga, makan makanan bergizi, hindari kontak dalam keramaian.

Baca juga: Kondisi pasien positif COVID-19 di Lampung stabil

Dia meminta peran serta semua elemen masyarakat bergotong royong melaksanakan arahan dan anjuran pemerintah daerah dan pusat agar COVID-19 bisa dikendalikan.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto bersama Ketua DPRD setempat Semarsono telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah ruangan kelas di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

Selain di SMKN 2, Bupati dan Ketua DPRD yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Otnil Sriwidiatmoko juga melakukan penyemprotan di SMKN 3 Lampung Tengah, dimana kedua sekolah tersebut saat ini tengah mengadakan ujian nasional.

Bupati mengatakan, Pemkab Lampung Tengah telah membentuk gugus tugas yang akan melakukan antisipasi maksimal atas mewabahnya virus corona di Lampung Tengah, tidak hanya ditingkat kabupaten, gugus tugas ini akan dibentuk hingga tingkat kecamatan dan kampung.

Dengan adanya gugus tugas ini diharapkan penanganan penyebaran wabah virus ini dapat diatasi sedini mungkin sehingga ke depannya Kabupaten Lampung Tengah akan terbebas dari menyebarnya wabah COVID-19, kata Loekman.
Baca juga: Polda Lampung imbau masyarakat tak selenggarakan keramaian
Baca juga: Pemprov Lampung diminta tambah ruang isolasi di RS rujukan
Baca juga: Dinkes Lampung benarkan satu pasien positif COVID-19

 

Pewarta: Hisar Sitanggang/Muklasin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020