Cibinong, Bogor (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengeluarkan imbauan agar umat islam di wilayah itu tetap melaksanakan shalat berjamaah di masjid, meski tengah dibayangi kekhawatiran penularan virus corona jenis baru (COVID-19).

"Tetap melaksanakan Shalat Jumat dan shalat berjamaah lima waktu seperti biasa di masjid disertai dengan kehati-hatian dan kewaspadaan sesuai dengan apa yang telah dianjurkan pemerintah agar terhindar dari penyebaran virus corona," kata Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji, Jumat.

Menutur dia, imbauan itu merupakan keputusan bersama dari Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Bogor menyikapi kekhawatiran masyarakat terhadap penularan virus yang tengah menghebohkan dunia itu.

Baca juga: Wali Kota Bogor memohon doa dari semua pihak

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu mengingatkan agar setiap umat Islam menjaga kesucian badan dengan air wudhu, memperbanyak berzikir serta mendoakan keselamatan bangsa dari wabah COVID-19.

"Menghindari rasa takut dan panik yang berlebihan terhadap wabah yang berkembang terkait penyebaran virus corona," kata KH Mukri.

Di samping itu, ia mengajak masyarakat membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Pasalnya, daya tahan tubuh yang kuat, dapat meminimalkan penularan infeksi COVID-19.

"Senantiasa menjaga kewaspadaan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di semua tempat dan kondisi," katanya.
Baca juga: Pemkot Bogor tetapkan status KLB COVID-19

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020