Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polrestro Jakarta Timur tidak menerapkan rekayasa lalu lintas selama penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh jalan protokol, Minggu pagi.

"Tidak ada pengalihan arus lalin. Situasi normal," kata Kasat Lantas Polrestro Jaktim AKBP Suhli di Jakarta.

Menurut Suhli, penyemprotan disinfektan menggunakan armada pompa milik personel pemadam kebakaran di jalan protokol, masih memungkinkan dilintasi oleh kendaraan umum maupun pribadi.

Saat penyemprotan di Jalan Matraman Raya petugas melibatkan sebanyak dua mobil pompa melintas secara beriringan masing-masing di lajur cepat dan lambat dengan menyemprotkan disinfektan melalui selang pemadam.

Sementara petugas damkar disebar ke sejumlah titik untuk menyemprot sejumlah tiang "handle"
di Halte Bus TransJakarta, median jalan, tempat sampah, pedestrian, rambu dan objek lainnya di sepanjang lintasan.

Baca juga: Badan jalan hingga halte bus di Jaktim disemprot disinfektan
Petugas Damkar Jakarta Timur mensterilkan jalan protokol menggunakan cairan disinfektan untuk mencegah wabah COVID-19, Minggu (22/3/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)
Sementara kendaraan umum seperti TransJakarta masih beroperasi ​​​​​normal.
Begitu pula pengendara motor dan mobil pribadi yang bisa menyelinap di antara iring-iringan armada penyemprot disinfektan.

"Dua lajur masih bisa dilalui pengendara," kata Suhli.

Selain melibatkan personel Damkar,  petugas lalu lintas dari unsur Polri dan Dinas Perhubungan juga turut mengatur antrean kendaraan di belakang armada pompa yang melaju pelan.

Selain itu petugas berseragam TNI dan Satpol PP berkeliling menyosialisasikan edukasi seputar COVID-19 kepada masyarakat melalui alat pengeras suara.
Baca juga: Sepuluh jalan protokol Jaktim disemprot disinfektan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020