Ambon (ANTARA) - Pangkalan Udara TNI AU Pattimura di Ambon, Maluku, melakukan tindakan preventif guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan sterilisasi jalur masuk base ops.

"Wujud pencegahan mereka itu berupa penyemprotan penumpang pesawat TNI AU, yang transit maupun bermalam di Pangkalan Udara TNI AU Pattimura," kata Komandan Pangkalan Udara TNI AU Pattimura, Kolonel Penerbang Sapuan.

"Senin malam (23/3) melakukan sterilisasi puluhan penumpang pesawat TNI AU berjenis CN-235 tujuan Biak yang bermalam di Pangkalan Udara TNI AU Pattimura, keseluruhan penumpang disemprot dengan cairan disinfektan di Base Ops," katanya, Selasa.

Dia katakan, upaya menindaklanjuti instruksi asisten personel kepala staf TNI AU melalui telegram Nomor T/29/2020 tanggal 13 maret 2020 tentang antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja TNI AU.

Guna terjaminnya kebersihan lingkungan kerja, di setiap titik strategis ditempatkan hand sanitizer, sehingga perpindahan personel dari satu ruangan ke ruangan lain bisa menggunakan cairan pencuci tangan.

"Kita proaktif menyiapkan sanitizer di lingkungan kerja dan secara berkala melakukan cek suhu tubuh setiap personel dengan detektor suhu badan, " katanya.

Setiap prajurit maupun tamu yang akan memasuki lingkungan kantor, diawali dengan diukur suhu tubuhnya dan disemprotkan dengan cairan disinfektan.

Pencegahan penyebaran Covid-19 mereka laksanakan di lingkungan perkantoran dan perumahan personel mereka. 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020