"Pasiennya sudah bisa kembali ke daerah asalnya. Dia merasa lega dan gembira setelah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut,"...
Ambon (ANTARA) - Satu pasien positif COVID-19 warga Bekasi, Jawa Barat  yang  menjalani perawatan intensif di RSUD dr Haulussy Kudamati di kota Ambon sejak  sejak 15 Maret 2020, telah dinyatakan sembuh.

"Pasien 01 asal Bekasi, Jawa Barat itu dinyatakan sembuh setelah hasil uji spesimen tahap dua diterima dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kemenkes, Selasa (31/3) malam," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang di Ambon, Rabu.

Pasien berinisial "AA" dirujuk ke RSUD Haulussy, Minggu (15/3) malam dengan gejala panas tinggi diatas 38 derajat disertai batuk dan flu, dan pada 22 Maret dinyatakan positif terinveksi virus COVID-19 berdasarkan hasil uji spesimen di Labkes Kemenkes, Jakarta.

Berdasarkan hasil tersebut, menurut Kasrul pasien tersebut bisa meninggalkan RSUD Haulussy dan kembali ke daerah asalnya.
Baca juga: Terbaru, 103 orang sembuh dan 1.677 pasien positif di Indonesia
Baca juga: 17 pasien positif COVID-19 di Jatim sembuh


"Pasiennya sudah bisa kembali ke daerah asalnya. Dia merasa lega dan gembira setelah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut," katanya.

Sekda menyatakan hasil uji sampel spesimen terhadap 14 orang teman pasien kosong 1 yang sedang diisolasi di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Maluku di Wailela, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, juga dinyatakan negatif.

"Jadi pasien 01 bersama 14 teman kerjanya dijadwalkan kembali ke daerah asalnya di Bekasi melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon, pada Kamis (2/4) sore," tandasnya.

Karul yang juga menyatakan sebanyak 102 spesimen pasien terduga COVID-19 yang dikirim untuk diperiksa di labkes Kemenkes Jakarta, di mana 73 sudah sudah disampaikan hasilnya yakni negatif, sedangkan 29 lainnya masih ditunggu.
Baca juga: Satgas: Enam pasien positif COVID-19 di Bali sembuh
Baca juga: 9 PDP COVID-19 di Magelang dinyatakan sembuh
Data penyebaran COVID-19 di Provinsi Maluku tertanggal 1 April 2020 (Foto Gugus Tugas Maluku)

Data Gugus Tugas Maluku hingga, Rabu, tercatat delapan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) yakni tiga di Kota Ambon, masing-masing dua kasus di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Tual, serta satu lainnya di Maluku Tengah.

Sedangkan orang dalam pengawasan (ODP) tercatat 132 kasus yakni Kota Ambon 40 kasus, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) 23 kasus, Pulau Buru (20 kasus), Seram Bagian Barat (SBB) 17 kasus.

Selain itu Kota Tual 10 kasus, tujuh kasus di Kepulauan Aru, Maluku Tengah enam kasus, Buru Selatan lima kasus, Maluku Tenggara (2 kasus) serta Seram Bagian Timur dan Maluku Barat Daya (MBD) masing-masing satu kasus.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020