bila melihat perkembangan yang terjadi hingga saat ini, ancaman perlambatan ekonomi semakin nyata baik secara global maupun domestik selama kuartal pertama tahun ini dan masih akan berdampak hingga kuartal kedua.
Jakarta (ANTARA) - Bahana Sekuritas memperkirakan penjualan kendaraan roda empat akan mengalami kontraksi  sepanjang tahun ini akibat wabah COVID-19 yang masih berkepanjangan baik secara global maupun di Indonesia.

Dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, Bahana Sekuritas menilai penjualan kendaraan bermotor bakal sulit mencapai target  sepanjang 2020 karena pada kuartal pertama tahun ini ada banyak tantangan yang dihadapi oleh industri kendaraan bermotor mulai dari banjir yang terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia sejak akhir tahun hingga pertengahan Februari, ditambah jumlah orang yang terjangkit  COVID-19 di Indonesia terus bertambah.

Analis Bahana Sekuritas Anthony Yunus mengatakan, bila melihat perkembangan yang terjadi hingga saat ini, ancaman perlambatan ekonomi semakin nyata baik secara global maupun domestik selama kuartal pertama tahun ini dan masih akan berdampak hingga kuartal kedua.

"Tentu saja hal ini berdampak terhadap permintaan kendaraan bermotor yang kelihatannya bakal sulit mencapai target meski suku bunga sudah dipangkas beberapa kali," ujar Anthony.

Baca juga: BMW targetkan peningkatan penjualan pada kendaraan penumpang tahun ini

Bahkan, rencana pameran otomotif bergengsi atau yang disebut Indonesia International Motor Show (IIMS) yang rencananya diadakan pada pertengahan April mendatang, telah ditunda hingga waktu yang belum ditentukan hingga keadaan lebih kondusif.

Bahana memperkirakan volume penjualan roda empat akan mengalami kontraksi atau turun sekitar 8 persen atau diperkirakan sekitar 948.000 unit, sedangkan penjualan roda dua diperkirakan turun sekitar 5 persen atau mencapai sekitar 6,163 juta unit untuk sepanjang 2020.

Semula, anak usaha Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini memperkirakan penjualan kendaraan bermotor roda empat (4W) secara nasional akan mencapai sekitar 1,07 juta unit.

Sementara itu, asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan penjualan mobil sekitar 1,1 juta unit, namun asosiasi tengah berhitung ulang terhadap proyeksi ini.

Pada Januari saja penjualan mobil tercatat sebesar 79.983 unit atau turun 2,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang disumbang oleh penjualan oleh grup Astra International tercatat sekitar 40.289 unit atau naik sebesar 4,7 persen secara tahunan.

Sisanya sumbangan dari penjualan di luar grup Astra, yang secara tahunan mengalami penurunan sebesar 0,1 persen, terutama akibat turunnya penjualan Mitsubishi.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memberi stimulus terhadap perekonomian baik dari sisi fiskal maupun moneter agar tetap bisa menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik ditengah ancaman perlambatan ekonomi global yang lebih dalam.

Baca juga: Gaikindo batalkan GIIAS Surabaya 2020

Bahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi keringanan bagi masyarakat berpenghasilan rendah seperti sopir taksi, ojek online yang memiliki kredit bermotor diberikan bebas angsuran hingga satu tahun, demi menjaga daya beli masyarakat.

Bank Indonesia juga memberi stimulus dengan memangkas suku bunga dalam rapat dewan gubernur (RDG) yang berlangsung pada 18 Maret lalu sebesar 25 basis points (bps) ke level 4,5 persen.

Secara total BI telah menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 150 bps dari 6 persen sejak Juli 2019, sebagai langkah antisipasi menjaga pertumbuhan ekonomi domestik ditengah tertahannya pemulihan ekonomi global akibat serangan COVID-19.

World Health Organization (WHO) secara resmi telah mengumumkan bahwa penyebaran virus korona telah menjadi pandemik dan meminta semua negara untuk mengaktifkan dan meningkatkan mekanisme tanggap darurat, perlu adanya komunikasi kepada publik tentang risiko dan cara melindungi diri serta perlunya untuk segera menemukan, memisahkan, menguji dan mengobati setiap kasus COVID-19 dan melacak setiap kontak terkait.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020