Jakarta (ANTARA) - Apple sudah memasukkan komputer mereka, Mac Pro, ke katalog produk rekondisi resmi, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga baru produk premium tersebut.

Situs resmi Apple saat ini memuat 12 varian Mac Pro di katalog refurbish mereka. Versi termurah, Mac Pro 3,5GHz RAM 48GB dan kapasitas penyimpanan SSD 256GB dijual seharga 5.349 dolar, atau setara dengan Rp84,5 juta.

Padahal, versi baru komputer tersebut berada di kisaran harga 6.299 dolar.

Versi termahal Mac Pro refurbish dari Apple dijual seharga 22.439 dolar (sekitar Rp354,5 juta), dengan spesifikasi 3,2GHZ 16-core Intel Xeon W dan menggunakan kartu grafis sepasang Radeon Pro Vega II Duo dan Apple Afterburner.

Menurut laman MacRumors, komputer tersebut dijual dengan harga lebih murah 4.000 dolar dari harga ritel.

Laman tersebut juga menuliskan produk rekondisi resmi, certified refurbished, tersedia untuk Amerika Serikat.

Produk rekondisi resmi dari Apple sudah melalui perbaikan, penggantian komponen dengan suku cadang resmi, tes fungsi dan sudah dibersihkan.

Mac versi refurbish akan berjalan dengan sistem operasi yang sejak awal terpasang di produk tersebut atau versi terbaru yang ada saat ini.

Produk ini juga tetap mendapatkan garansi satu tahun dari Apple serta dikemas dalam kardus baru beserta kabel dan aksesoris.

Baca juga: Apple, Google buat teknologi pelacakan kontak perangi COVID-19

Baca juga: Apple buat pelindung wajah untuk pekerja medis

Baca juga: Peretas iPhone diberi hadiah Rp1,2 miliar

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020