Kita harapkan ke depan disiplin masyarakat akan semakin tinggi
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana membagikan masker kepada sejumlah penumpang di dalam bus umum Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu siang.

"Siapa mau masker, pakai maskernya selama perjalanan. Diikat di wajah ya," ujar Nana seraya menyodorkan boks berisi masker medis di dalam bus Antarkota Antarprovinsi di area pemberangkatan bus.

Kapolda juga memberikan arahan kepada para penumpang bus agar mengosongkan satu jok di sebelahnya dalam rangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pada hari kedua penerapan PSBB, kata Nana, tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjaga jarak semakin meningkat.

"Hari kedua bila dibandingkan hari pertama mulai ada peningkatan, masyarakat mulai pakai masker. Kendaraan umum sudah patuhi 50 persen penumpang," katanya.

Baca juga: Kapolda Metro: Jumlah penumpang bus sangat minim
Baca juga: Jangan lupakan peran hotel di tengah pandemi


Selain itu jumlah penumpang bus di Kampung Rambutan hingga saat ini terus berkurang berdasarkan pantauan Kapolda di dalam bus.

"Kita lihat tadi jumlah penumpang sangat minim, setiap bus hanya lima sampai enam orang. Ketentuan jaga jarak sudah dilaksanakan. Ini menunjukkan masyarakat memilih tetap ada di rumah," katanya.

Nana berharap tingkat kepatuhan masyarakat terhadap PSBB dalam rangka memutus rantai penularan COVID-19 bisa berjalan optimal.

"Kita harapkan ke depan disiplin masyarakat akan semakin tinggi," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020