Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes tidak akan dihelat seperti biasanya tahun ini karena pandemi virus corona, tapi penyelenggara mengatakan mereka masih meninjau pilihan-pilihan untuk acara tersebut.

Salah satu festival film terbesar dunia ini awalnya akan dilangsungkan pada 12-23 Mei. Namun pembatasan wilayah yang diperpanjang hingga 11 Mei membuat acara-acara publik, termasuk festival, tak bisa dilaksanakan hingga pertengahan Juli.

"Mengikuti apa kata Presiden Prancis.. kami menunda Festival Film Internasional ke-73, awalnya jadwal akan digeser menjadi akhir Juni hingga awal Juli, tapi pilihan itu tak bisa dilakukan sekarang," kata penyelenggara dalam keterangan resmi.

Baca juga: Daftar pemenang festival film Cannes 2019

Baca juga: Spike Lee presiden Cannes pertama berkulit hitam


"Jelas sulit untuk mengasumsikan bahwa Festival de Cannes bisa dihelat seperti biasa tahun ini," kata dia.

Kendati demikian, penyelenggara telah mulai berdiskusi dengan para profesional di bidang film baik di Prancis maupun luar negeri.

"Mereka setuju bahwa Festival de Cannes, pilar penting untuk industri film, harus mengeksplorasi semua kemungkinan... dengan membuat Cannes 2020 bisa dilangsungkan lewat satu atau cara lain," kata mereka, tanpa menyebutkan pilihan-pilihan potensial yang lain.

Baca juga: Festival Film Cannes tak akan digelar virtual

Baca juga: Festival Film Cannes ditunda akibat corona

Baca juga: Festival Film Cannes akan dibatalkan bila kasus COVID-19 meningkat

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020