Bekasi (ANTARA) - Yayasan Al Iman Antara di Bintara Jaya, Bekasi Barat, membagikan ratusan nasi kotak dan sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak COVID-19, terutama para pekerja harian.

"Pembagian ini dilakukan setiap hari Jumat siang selama berjangkitnya wabah virus corona. Ini program Yayasan Al Iman Antara untuk membantu masyarakat sekitar dan juga para pencari nafkah harian yang sangat terdampak,” kata Ketua Yayasan, Kombes Pol. Dr. Endang Usman, di Bekasi, Sabtu.

Selain nasi kotak, Yayasan yang didirikan warga Perumahan LKBN ANTARA di Bintara Jaya, Bekasi Barat ini, sebelumnya telah membagikan Sembako pada 30 Maret 2020 berupa paket berisi beras 5 kg, minyak sayur 2 liter, mie instan dan kecap, untuk masyarakat sekitar terutama para janda dhuafa, satpam, pegawai kebersihan (OB), marbot masjid dan para ustadz/ustadzah di lingkungan Masjid Al Iman sebanyak 76 orang.

Pembagian sembako tahap kedua dilaksanakan pada Sabtu ini sebanyak 100 paket, yang terdiri atas beras 5 kg, minyak sayur 1 liter, susu manis, mie telor, dan teh, yang diberikan pada warga lingkungan bagi pekerja, buruh harian lepas, ojol/opal, janda dhuafa, pedagang keliling, mualaf dan sopir angkutan.

Baca juga: Tentara-polisi di Kalimantan Barat siapkan ribuan nasi kotak tiap hari

Baca juga: Pemkot Tangerang sudah distribusikan 6.690 nasi bungkus


Menurut Kabid Sosial Kemasyarakatan Yayasan, H. Fajar, Nasi Barokah yang dibagikan setiap Jumat merupakan kelanjutan dari "nasjum" (nasi Jumat) yang diberikan kepada jamaah setelah Sholat Jumat.

“Karena selama masa pembatasan ini tidak diselenggarakan Jumatan untuk mencegah penyebaran virus corona, nasjum diberikan pada masyarakat sekitar terutama pekerja harian yang membutuhkan,” katanya.

Penyediaan Nasi Barokah terus bertambah. Saat pertama, yaitu pada 3 April 2020 hanya 100 porsi, bertambah menjadi 250 pada 10 April dan sekarang menjadi 300 porsi lebih. Dana untuk pembelian berasal dari infak jamaah dan pengurus yayasan.

Pada bulan Ramadhan, Nasi Barokah akan diganti dengan penyediaan makan ifthor (buka puasa) dan sahur.

Pada Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Masjid Al Iman di Jalan Haji Naman, menyediakan sajian untuk buka puasa dan selama 10 hari terakhir mengadakan Itikaf, serta 1.000 paket sembako untuk masyarakat dhuafa menjelang Idul Fitri.

“Namun, di Ramadhan kali ini, karena ada wabah corona, kami ubah jadi penyediaan makan untuk buka dan sahur,” kata Endang Usman. Untuk paket sembako menjelang Idul Fitri, Yayasan akan menyediakan minimal 1.000 paket.

Baca juga: ACT-Lampung gandeng warung nasi Gandul salurkan nutrisi

Baca juga: Polsek Sungailiat salurkan bantuan nasi bungkus gratis

 
Ketua Yayasan Al Iman Antara, H Endang Usman, memberikan paket sembako secara simbolis. Yayasan membagikan paket sembako kepada warga di sekitar Bintara Jaya, Bekasi Barat, yang terdampak PSBB akibat wabah corona, Sabtu (18/4/2020). (ANTARA/HO-Humas Yayasan Al Iman Antara)



Menurut Ketua Yayasan Endang Usman, latar belakang kegiatan sosial ini karena prihatin atas dampak yang disebabkan pembatasan selama wabah COVID-19 ini.

Pemberlakuan kerja di rumah ini sangat berdampak pada penghasilan harian bagi pengemudi ojek, angkutan umum, taksi, buruh harian dan tukang jualan keliling.

“Kami ingin membantu meringankan pengeluaran dengan memberikan makan siang gratis dan sembako ini,” katanya.

Saat ini, Yayasan Al Iman Antara mengelola SDIT Al Iman dan Masjid Al Iman yang berada di Kompleks LKBN ANTARA I, Bintara Jaya, Bekasi Barat.*

Pewarta: Arief Mujayatno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020