Kemarin kan ada panen raya di Temanggung, mudah-mudahan bisa menurunkan harga bawang putih di pasar
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya optimistis harga bawang putih di pasaran bisa segera turun.

Penurunan harga bawang putih ini didorong oleh banyaknya bawang putih impor yang sudah masuk ke Indonesia. Tercatat ada sebanyak 52.000 ton bawang putih impor dari China yang sudah tiba di Tanah Air.

Pasokan bawang putih impor tersebut masuk secara bertahap. "Kita push (pasokan) supaya harga bisa kembali normal," kata Komjen Sigit saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Polri: Jangan ada yang timbun/naikkan harga sembako selama wabah

Selain itu panen raya bawang putih di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, juga diharapkan bisa ikut berkontribusi menurunkan harga.

"Kemarin kan ada panen raya di Temanggung, mudah-mudahan bisa menurunkan harga bawang putih di pasar," ujar mantan Kadiv Propam Polri ini berharap.

Satgas Pangan Polri pun terus memantau dan mengawal distribusi bahan pokok hingga ke pasar dan ke konsumen untuk menjamin ketersediaan pangan dan memastikan tidak ada kekurangan pasokan.

Baca juga: Kapolri terbitkan instruksi cegah permainan harga pangan saat COVID-19

Pihaknya memastikan stok bawang putih di pasaran terjamin hingga bulan Ramadhan dan Lebaran mendatang. Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan bawang putih. "Pemerintah menjamin," katanya menegaskan.

Harga bawang putih saat ini di beberapa pasar tradisional di Jakarta seperti Pasar Minggu, Pasar Kramat Jati dan Pasar Jatinegara berkisar Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram atau turun dari harga bawang putih pekan lalu di kisaran Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per kilogram.

Baca juga: Kabareskrim minta masyarakat patuhi aturan PSBB

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020