Pameran foto ini dilakukan juga sebagai upaya untuk memberikan edukasi
Jakarta (ANTARA) - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pameran foto Kartini pada 20-21 April 2020 dalam rangka memperingati Hari Kartini,  dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran perempuan yang setara dengan laki-laki termasuk di industri penerbangan.

"Oleh karena itu, tema 'Kartini Bandara' dipilih sebagai tema pameran foto ini untuk menunjukkan bahwa banyak perempuan hebat yang telah berperan penting dan memberi dampak positif dalam dunia penerbangan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bandara baru Yogyakarta terapkan protokol kesehatan, cegah Corona

Pameran foto ini dilakukan juga sebagai upaya untuk memberikan edukasi dan konten kreatif terkait industri bandara kepada masyarakat di tengah kondisi terbatas ini dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Dikatakan, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, bandara yang dikelola Angkasa Pura I tetap beroperasi dengan beberapa penyesuaian operasional untuk mencegah penyebaran wabah.

Namun, dalam situasi terbatas itu, manajemen tetap berupaya memberikan konten kreatif bagi pengguna jasa bandara, baik di bandara maupun secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah peringatan Hari Kartini ini melalui pameran foto Kartini di Bandara Internasional Yogyakarta dengan tema 'Kartini Bandara'".

Area pameran foto di YIA ini, tepatnya terletak di lorong Malioboro menuju area ruang tunggu keberangkatan domestik. Adapun beberapa tokoh perempuan di industri penerbangan yang fotonya dipamerkan yaitu:

1. Vanda Astri Korisanio (pilot perempuan pertama dari Papua)
2. Martha Itaar (pilot perempuan pertama dari Papua)
3. Polana Pramesti (mantan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan mantan Direktur Teknik Angkasa Pura I)
4. Devy Suradji (Direktur Pelayanan dan Pemasaran Angkasa Pura I, penggerak Milenial Angkasa Pura I)
5. Susi Pudjiastuti (pemilik Maskapai Susi Air)
6. Fariana Dewi Djakaria (perempuan penerbang helikopter pertama di Asia Tenggara)
7. Capt. Lokawati Nakagawa (pilot wanita komersial pertama di Indonesia)
8. Capt. Monika Anggraeini (Kapten Pilot AirAsia dan penulis buku "Burung Besi")

Baca juga: Pengoperasian penuh Bandara Internasional Yogyakarta lancar
Baca juga: Operasi 29 Maret, Bandara Yogyakarta didukung transportasi multimoda

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020