Masjid KH Hasyim Asy'ari sediakan takjil Ramadhan di tengah PSBB

Masjid KH Hasyim Asy'ari sediakan takjil Ramadhan di tengah PSBB

Imbauan Masjid KH Hasyim Asy'ari kepada masyarakat tentang peniadaan salat Jumat selama masa tanggap COVID-19 di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (20/3/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta akan menyediakan takjil selama bulan Ramadhan untuk orang-orang yang akan berbuka puasa di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun rencana pengadaan takjil tersebut hanya sebatas bagi anggota Dewan Kemakmuran Masjid dan pengendara kendaraan yang akan menepi untuk melaksanakan salat Magrib.

"Karena masjid kami kan di pinggir jalan besar, jadi seumpama ada pengendara yang hendak berbuka itu kami sediakan untuk berbuka," kata Pengurus DKM Masjid KH Hasyim Asy'ari, Mastur Anwar di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Waspadai ledakan COVID-19 jelang Ramadhan, sebut IDEAS

Baca juga: Kadin sebut pasokan pangan di pasar induk Jakarta jelang puasa aman

Baca juga: MUI: Ziarah kubur sebaiknya ditiadakan saat pandemi COVID-19


Mastur mengatakan, pihaknya tetap mempersilahkan masyarakat yang akan menyumbang takjil berbuka.

Meski demikian, pihak Masjid KH Hasyim Asy'ari tidak mengadakan buka puasa bersama dengan jamaah, lantaran masih dalam rangka penerapan PSBB untuk tidak menciptakan kerumunan selama pandemi COVID-19.

Sehingga, jika ada takjil yang berlebih, rencananya akan dibagikan oleh pengurus masjid yang akan keliling ke pemukiman warga sekitar.

Perihal salat Tarawih, Mastur mengatakan pihaknya tetap mengikuti imbauan dari pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dengan membatasi jamaah hanya pada pengurus sekitar masjid saja.
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020