Indosat Ooredoo optimalkan jaringan selama Ramadhan hingga Lebaran

Indosat Ooredoo optimalkan jaringan selama Ramadhan hingga Lebaran

Seorang teknisi memasang BTS Indosat Ooredoo. ANTARA/HO-Indosat Ooredoo

Jakarta (ANTARA) - Indosat Ooredoo mengoptimalkan jaringan data untuk kebutuhan internet pelanggan pada masa aktivitas dari rumah selama Ramadhan hingga Lebaran sehingga masyarakat tetap bisa melakukan komunikasi pada saat pandemi COVID-19.

"Pemantauan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Indonesia juga terus dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau lebih dari 400 titik dengan lebih dari 1.500 karyawan," kata Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Bulan Ramadhan yang sudah dekat, di mana masyarakat Indonesia yang biasa melakukan mudik, sekarang disarankan untuk tetap berada di rumah, tidak melakukan perjalanan, dan dianjurkan untuk berkomunikasi melalui sambungan telpon serta video.

Baca juga: Indosat sebut reorganisasi telah rampung, tersisa 52 karyawan menolak

Kedua kondisi tersebut membuat perusahaan mempersiapkan jaringan yang prima sehingga pelanggan tetap dapat terhubung dan berkomunikasi dengan lancar dalam melaksanakan aktivitas dari rumah bersama keluarga selama Ramadan dan Lebaran.

Optimalisasi jaringan dilakukan di area permukiman Jabotabek, tujuan mudik di Jawa seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Jember, sampai dengan Banyuwangi, bahkan luar Jawa seperti Lampung, Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.

Perusahaan, katanya, telah melakukan optimalisasi jaringan sejak munculnya anjuran belajar dan bekerja dari rumah. Tingginya kebutuhan telekomunikasi pelanggan tercermin dari peningkatan trafik data sekitar 24 persen dan trafik telpon sekitar 11 persen dibandingkan hari biasa.

Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram dengan kota yang tercatat mengalami peningkatan tertinggi berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Satelit Nusantara Dua gagal mengorbit

Secara umum, Indosat Ooredoo telah melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan data sekitar 60 persen untuk mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi yang diprediksi akan meningkat sebesar 20 persen dibanding hari normal terutama di situasi yang berkembang belakangan ini.

Perusahaan berkomitmen mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia di tengah situasi sulit pandemi COVID-19 ini dengan menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan.

"Melihat situasi terkini, di mana kebutuhan telekomunikasi pelanggan meningkat saat pergerakan terbatas, kami berupaya memastikan jaringan tetap optimal baik di perkotaan maupun pedesaan, karena apapun kondisinya, silaturahmi menjadi penting," katanya.
Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020