Pasien positif COVID-19 ini sudah sempat melakukan kontak dengan 12 orang
Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari selaku Juru Bicara Penanggulangan COVID-19 daerah ini, menyebutkan satu orang warga Kepulauan Sangihe dinyatakan positif COVID-19.

"Kami telah menerima hasil pemeriksaan swab tenggorokan dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dengan hasil satu positif COVID-19," kata Jopy Thungari, di Tahuna, Kamis.
Baca juga: Dinkes ungkap pasien dalam pengawasan di Sangihe meninggal dunia


Menurut dia, Tim Gugus Tugas Sangihe mengirim sampel tiga swab tenggorokan untuk diperiksa melalui metode PCR di Makassar. Hasilnya, dua negatif ,sedangkan satu positif.

Kasus positif COVID-19 di Sangihe, kata dia, merupakan kasus yang pertama dialami seorang laki-laki usia 23 tahun dari Kecamatan Tahuna Timur.

Hasil penelusuran, kata dia lagi, yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan keluar daerah dan sudah melakukan kontak dengan orang lain.

"Pasien positif COVID-19 ini sudah sempat melakukan kontak dengan 12 orang, dan saat ini sedang dicari untuk dilakukan rapid test," kata dia lagi.

Ia mengatakan, pasien ini tiba di Tahuna pada awal April dengan menggunakan kapal laut.

Dia berharap, masyarakat Sangihe tidak panik, namun tetap mengikuti anjuran pemerintah.

"Kami berharap masyarakat tidak panik dan terus mengikuti anjuran pemerintah, agar terhindar dari COVID-19," kata dia pula.
Baca juga: Satu PDP dirawat di RS Liun Kendage Tahuna Sulut

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020