Didapati bahwa harga masih stabil dan stok masih aman menjelang Ramadhan dan diperkirakan hingga Idul Fitri
Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan harga kebutuhan pokok di wilayah setempat relatif stabil dengan ketersediaan yang dinilai aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2020.

"Kami telah memantau langsung sejumlah toko besar pemasok kebutuhan pokok masyarakat dan didapati bahwa harga masih stabil dan stok masih aman menjelang Ramadhan dan diperkirakan hingga Idul Fitri," katanya di Purbalingga, Kamis.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah akan terus melakukan pengecekan ketersediaan bahan pangan guna memastikan semuanya mencukupi dan tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

"Mengingat masyarakat akan segera memasuki bulan Ramadhan dan akan melaksanakan ibadah puasa maka pemerintah harus memastikan semua ketersediaan bahan pokok mencukupi," katanya.

Bupati menambahkan dirinya juga telah mengecek ketersediaan gas elpiji ke penyalur gas elpiji PT Asri Bumi Agung.

Dari hasil pemantauan, kata dia, diketahui bahwa ketersediaan gas elpiji aman, bahkan permintaan cenderung menurun.

"Permintaan dilaporkan cenderung menurun namun ketersediaan elpiji sampai hari ini masih mencukupi. Harga juga masih stabil, mudah-mudahan ketersediaan elpiji tidak ada permasalahan," katanya.

Sementara itu, bupati kembali mengatakan bahwa sejumlah desa di wilayah setempat juga sudah mulai panen padi dan sayuran sehingga stok pangan diprakirakan aman.

Bupati menambahkan produk pertanian pangan dan sayuran di wilayah tersebut hingga saat ini belum terdampak pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 ini belum berpengaruh terhadap produksi hasil pertanian utamanya padi dan sayuran. Oleh karenanya ketersediaan bahan pangan ini masih aman, meskipun pada sektor lainnya pengaruh ini sangat terasa," katanya.

Baca juga: Pemkab Purbalingga realokasi APBD untuk penanganan COVID-19
Baca juga: Hadapi corona, Pemkab Purbalingga siapkan skema jaring pengaman sosial


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020