Pemeringkatan ini dilakukan oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2020 yang melibatkan 766 universitas dari 85 negara di dunia,...
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) raih peringkat ke-47 tingkat dunia versi World University Impact Rankings, sebagai kampus yang mampu memberikan dampak luas bagi sosial dan ekonomi bangsa melalui aktivitas penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Rektor UI, Prof Ari Kuncoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis mengatakan ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Ia mengatakan di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri.
Baca juga: Empat rumpun ilmu di UI masuk dalam ranking dunia
Baca juga: Menristekdikti minta alumni dukung UI tembus ranking 200 dunia


"Pemeringkatan ini dilakukan oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2020 yang melibatkan 766 universitas dari 85 negara di dunia," jelasnya.

Peringkat UI melesat jauh dari peringkat tahun lalu, dimana pada tahun 2019 UI berada di peringkat ke-80 dunia. THE merilis daftar World University Impact Rankings 2020 yang diumumkan pada Rabu (22/4) melalui laman https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2020.

World University Impact Ranking merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menilai kinerja universitas berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Baca juga: UI kembangkan APD respirator pemurni udara bagi tenaga medis
Baca juga: UI kembangkan aplikasi SIGAP untuk APD tenaga medis

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020