Riyadh dan Doha lamar jadi tuan rumah Asian Games 2030

Riyadh dan Doha lamar jadi tuan rumah Asian Games 2030

Kota Riyadh di Arab Saudi - Untuk pertama kali dalam sejarah Arab Saudi, sebuah kota di negeri ini mengajukan diri menjadi penyelenggara sebuah turnamen multievent ketika Riyadh resmi mengajukan diri turut dalam bidding tuan rumah Asian Games 2030. (REUTERS/Faisal Al Nasser)

Jakarta (ANTARA) - Doha dan Riyadh resmi mengajukan bidding untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2030, umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) seperti dikutip Reuters, Kamis.

Doha yang menjadi ibukota Qatar itu menjadi tuan rumah Asian Games 2006 tetapi Arab Saudi tidak pernah menyelenggarakan turnamen multievent olah raga dalam lingkup OCA.

"OCA dengan gembira menerima dua lamaran kuat untuk Asian Games kita pada 2030," kata presiden badan penyelenggara olah raga kawasan ini, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

"Ini bukti kepercayaan dan keyakinan pada Gerakan Olimpiade di Asia dan semakin memperkuat reputasi kita sebagai penyelenggara event-event olah raga kelas dunia pada skala besar."

Kota Hangzhou di China menjadi tuan rumah Asian Games 2022, sedangkan edisi 2026 akan dituanrumahi oleh Aichi-Nagoya di Jepang.

Baca juga: Asian Games 2022, Hangzhou tetapkan pelaksanaannya 10-25 September
Baca juga: OCA akui tantangan besar pada Asian Games 2022
Baca juga: Jack Ma kenalkan Hangzhou pada penutupan Asian Games 2018
Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020