Saya kira manfaat menggunakan masker cukup besar untuk pencegahan penyakit yang mematikan itu
Lebak (ANTARA) - Umat Islam yang mengikuti tadarus di Masjid Persis Rangkasbitung, Kabupaten Lebak wajib menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Kita semua para jamaah yang shalat lima waktu, shalat jumat, dan shalat tarawih serta tadurasan diwajibkan menggunakan masker," kata Ketua DKM Masjid Persis Rangkasbitung Ustadz Cedin Nurdin di Lebak, Jumat (24/4).

Penggunaan masker sebagai pelindung tentu diwajibkan kepada jamaah yang melaksanakan ibadah di Masjid Persis Rangkasbitung agar tidak mudah tertular COVID-19.

Apalagi, katanya, pemerintah telah mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker.

Oleh karena itu, katanya, jamaah wajib memakai masker, meskipun mereka tadarusan.

"Saya kira manfaat menggunakan masker cukup besar untuk pencegahan penyakit yang mematikan itu," katanya.

Baca juga: Quraish Shihab sebut kini momentum baik tadarus di rumah

Dia menjelaskan  selama Ramadhan tahun ini, Masjid Persis Rangkasbitung menyelenggarakan tadarusan, namun karena pandemi COVID-19, peraturannya berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketika mengikuti kegiatan itu, mereka juga harus menjaga jarak, sedangkan kedua tangannya terlebih dahulu dicuci dengan sabun.

"Kami berharap COVID -19 berlalu di Tanah Air dan kembali kehidupan normal," katanya.

Ketua Persis Rangkasbitung Kabupaten Lebak Ustadz Cahyana mengatakan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah dan umat Islam saling berlomba-lomba mencari kebaikan, termasuk melalui tadarus.

"Kami berharap umat Muslim pada Bulan Ramadhan dapat ditingkatkan ibadah kepada Allah SWT dan semoga COVID-19 berlalu," katanya.

Baca juga: Pemerintah siarkan tausiyah dari Masjid Istiqlal untuk bulan Ramadhan

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020