Banda Aceh (ANTARA) - Puluhan personel Direktorat Samapta Polda Aceh menjalani pembaretan yang merupakan tradisi mereka dalam bertugas di tempat baru. Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Ery Apriyono, di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan, pembaretan dilakukan Direktur Samapta Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Misbahul Munauwar.

"Pembaretan berlangsung di Markas Polda Aceh di Banda Aceh. Ada 60 bintara polisi yang menjalani pembaretan. Mereka selanjutnya ditugaskan di Direktorat Samapta Polda Aceh," kata Apriyono.

Ia menyebutkan 60 bintara yang baru menyelesaikan pendidikan terdiri 13 perempuan bintara polisi dan 47 laki-laki bintara polisi.

Sebelum menjalani pembaretan, kata dia, bintara baru itu mengikuti sejumlah kegiatan di antaranya berjalan kaki dari Pantai Alue Naga hingga Mapolda Aceh sambil membagikan masker kepada masyarakat.

"Jalan kaki dipimpin Wakil Direktur Samapta, AKBP Riza Yulianto, menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka berjalan kaki memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain," kata dia.

Setiba di Mapolda Aceh, kata dia, dua perwakilan bintara, seorang polisi wanita dan seorang polisi laki-laki, secara simbolis menerima pembaretan dari Munauwar.

"Usai pembaretan, bintara baru tersebut mengikuti prosesi mandi bunga yang sudah menjadi tradisi. Mereka juga dimandikan pejabat Direktorat Samapta dan para senior menggunakan kendaraan water canon," kata dia.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020