Jakarta (ANTARA) - Upaya pengadaan ventilator di sejumlah rumah sakit diperbanyak sebagai salah satu langkah untuk mengatasi wabah COVID-19 di Indonesia, termasuk dengan melibatkan pihak swasta.

Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady dalam keterangannya  di Jakarta,Sabtu mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Danone Indonesia melalui Danone-Specialized Nutrition (SN) dan Danone-AQUA melakukan pengadaan alat kesehatan berupa tiga unit ventilator serta 10.500 boks produk hidrasi bagi Siloam Hospitals Group.

“Kolaborasi berbagai pihak, termasuk antara perusahaan swasta dan rumah sakit, berperan penting di masa yang krusial ini. Kami menghargai inisiatif dan dukungan dari Danone Indonesia dalam pengadaan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien COVID-19,” kata Caroline.

Kerja sama senilai Rp2 miliar ini, katanya, dilakukan dalam usaha bersama menanggulangi dampak penyebaran COVID-19 di Indonesia, termasuk membantu tenaga kesehatan dan pasien yang dirawat di rumah sakit.

Sementara itu Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini, pihaknya berupaya untuk terus berkontribusi positif, mulai dari memastikan keberlangsungan pasokan produk esensial bagi masyarakat, pencegahan penyebaran virus, serta mendukung sistem layanan kesehatan dalam penanganan pasien di rumah sakit.

“Kami ingin terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam usaha bersama melawan penyebaran COVID-19 di Indonesia, termasuk melalui kerja sama dengan rumah sakit yang memegang peranan krusial dalam masa ini,” katanya.

Dukungan Danone Indonesia kepada Siloam Hospitals Group diberikan dalam bentuk bantuan dana pengadaan ventilator yang menjadi salah satu kebutuhan utama, khususnya bagi pasien COVID-19 dengan kondisi tertentu, seperti yang mengalami gangguan pernapasan berat.

Alat itu juga, katanya, terutama diperuntukkan bagi pasien dengan usia lanjut atau memiliki penyakit bawaan yang memiliki risiko kematian lebih tinggi.

Siloam Hospitals Group merupakan salah satu grup rumah sakit yang secara aktif membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas untuk membantu penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

Tiga unit ventilator itu nantinya akan diberikan kepada dua rumah sakit khusus rujukan COVID-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua dan Siloam Hospitals Mampang.

Terlebih dari itu, katanya, Danone Indonesia juga mendukung kecukupan hidrasi para tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit dengan mendonasikan 10.500 boks produk air minum dalam kemasan AQUA yang akan tersebar di jaringan Siloam Hospitals di beberapa kota.

Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan Siloam Hospitals Group dalam penanggulangan COVID-19 yang saat ini turut terlibat aktif membantu pemerintah dalam usaha menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Rumah sakit tersebut menyediakan pelayanan swab test (dengan pilihan durasi hasil tes 24 jam, 72 jam, dan 7 hari) dan rapid test atau tes antibodi yang juga tersedia di 38 RS Siloam.

Baca juga: Ventilator buatan GM mulai dikirim ke beberapa rumah sakit

Selain pelayanan tes, Siloam Hospitals Group juga telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan COVID-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua (berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 214 tempat tidur) dan Siloam Hospitals Mampang (berlokasi di Jakarta Selatan dengan kapasitas 415 tempat tidur).

Baca juga: Menristek: Produksi awal 200 ventilator portabel pada Mei 2020

Sejak awal merebaknya isu kesehatan ini, Danone Indonesia juga telah berkomitmen menyalurkan bantuan senilai total Rp30 miliar dalam beragam bentuk melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga: Industri dalam negeri siap produksi ribuan ventilator atasi COVID-19

Di antaranya kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan APD dan sarana sterilisasi, kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan membagikan disinfektan dan cairan pembersih tangan, bantuan alat pelindung diri (APD) untuk pemerintah dan berbagai rumah sakit, hingga penyediaan makanan bergizi bagi tenaga medis dan kelompok rentan, seperti pekerja non-formal, lansia, ibu hamil, dan anak-anak berusia di atas satu tahun.

“Kami berharap bantuan ini dapat memperkuat komitmen dan kapasitas Siloam Hospitals Group serta seluruh tenaga kesehatan yang berjuang setiap harinya,” kata Vera.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020